alexametrics

Daya Beli Naik Bikin BI Pede Ekonomi Kuartal I/2019 Tumbuh 5,2%

loading...
Daya Beli Naik Bikin BI Pede Ekonomi Kuartal I/2019 Tumbuh 5,2%
Bank Indonesia (BI) meyakini kondisi perekonomian Indonesia masih dalam jalur yang baik dan memprediksi ekonomi dapat tumbuh di kisaran 5-5,4% sepanjang tahun 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meyakini kondisi perekonomian Indonesia masih dalam jalur yang baik dan memprediksi ekonomi dapat tumbuh di kisaran 5-5,4% sepanjang tahun 2019 ini. Sedangan untuk kuartal I/2019 diperkirakan ekonomi tumbuh masih berada di atas 5% yakni 5,2%.

Salah satu faktornya yaitu meningkatnya konsumsi swasta dan lembaga non rumah tangga yang tidak terlepas dari imbas persiapan pemilu. "Masih konsisten sekitar 5,2% (YoY) untuk pertumbuhan ekonomi di triwulan satu," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Sementara dari sisi pemerintah, stimulus fiskal yang diberikan melalui bansos cukup berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2019.



"Dari pemerintah stimulus fiskal untuk bansos tinggi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat untuk konsumsi rumah tangga akan relatif tinggi di triwulan satu," terang dia.

Untuk motor pertumbuhan ekonomi lainnya, yakni investasi, BI menilai kondisi masih lambat seperti pada pola di tahun-tahun sebelumnya. "Tapi akan meningkat di triwulan berikutnya. Investasi akan tinggi. Pertumbuhan ekonomi yang 5,2% di triwulan satu didukung kuatnya konsumsi rumah tangga maupun pemerintah dan relatif baik dan meskipun pertumbuhan investasi lebih rendah dibandingkan triwulan satu," ujarnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak