alexametrics

Gubernur BI Prediksi Investasi di Kuartal I 2019 Melambat

loading...
Gubernur BI Prediksi Investasi di Kuartal I 2019 Melambat
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi kinerja investasi pada kuartal I tahun 2019 mengalami pelambatan. Perry mencermati, penurunan investasi pada kuartal I 2019 sebab faktor musiman. Namun, ia optimistis kinerja investasi merangkak naik mulai kuartal II 2019 dan terus tumbuh sampai akhir tahun.

"Investasi sedikit melambat pada kuartal I 2019 akibat pola musiman awal tahun, dan diperkirakan kembali menguat pada kuartal-kuartal berikutnya didukung proyek infrastruktur," kata Perry di Gedung BI, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Menurut dia, peningkatan investasi di kuartal mendatang akan datang dari sektor infrastruktur, seiring dengan terus berlangsung pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia.



"Investasi yang agak melambat investasi non konstruksi, kalau investasi konstruksi tetap tinggi karena berkaitan dengan terus berlangsungnya pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur yang terkait dengan fisik maupun terkait dengan perusaahan energi maupun lainnya," tandas Perry.

Sebagai informasi, Bank Indonesia mencatat Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia di akhir tahun 2018 mengalami peningkatan net kewajiban, didorong oleh naiknya posisi Kewajiban Finansial Luar Negeri (KFLN). Akhir kuartal IV 2018, PII Indonesia mencatat net kewajiban USD317,8 miliar (30,5% dari PDB), meningkat dari posisi net kewajiban pada akhir kuartal III 2018 yang tercatat USD292,5 miliar (28,0% dari PDB).
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak