alexametrics

Coca Cola dan USAID Bantu Pendanaan Program Pembangunan

loading...
Coca Cola dan USAID Bantu Pendanaan Program Pembangunan
Coca Cola dan USAID bantu pendanaan program pembangunan. Foto/Dok.
A+ A-
JAKARTA - Coca Cola bersama Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau United States Agency for International Development (USAID) akan membantu mendukung pendanaan program-program pembangunan pemerintah Indonesia.

USAID bersama Coca Cola akan membantu program-program pengadaan air bersih, serta melakukan kerjasama proyek-proyek energi dan lainnya yang melibatkan sektor swasta. USAID dan Coca Cola telah menghadirkan program master meter untuk air minum komunal di Bubutan, Surabaya.

Program ini akan menyediakan air minum bagi 6.000 masyarakat berpenghasilan rendah melalui 1.200 sambungan rumah. "Kita semua mengetahui bahwa air bersih penting untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari," ujar Direktur USAID Indonesia, Erin E. McKee dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/3/2019).



Menurut dia, Hari Air Sedunia 2019 berfokus pada upaya untuk mengatasi krisis air dengan cara menyelesaikan masalah, mengapa masih banyak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang sering terlupakan dan kadang menghadapi tantangan untuk mengakses air aman dan berkelanjutan.

"Tahun 2019 menandai 70 tahun hubungan AS dan Indonesia, dan kami bangga bahwa kami telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia, dan meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi hampir lima juta penduduk Indonesia," ujar McKee.

Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti, mengatakan Pemerintah Indonesia menghargai kemitraan dengan Amerika Serikat untuk penanganan layanan esensial, seperti air minum, yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Kami mengapresiasi program ini di Surabaya, dimana Pemerintah-Donor-Swasta berkolaborasi memberikan layanan air minum bagi MBR melalui program Master Mater. Kami berharap inisiatif ini dapat direplikasi di kota lain di Indonesia sehingga dapat mempercepat pencapaian akses universal," ujarnya.

Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI), Titie Sadarini, menambahkan Coca-Cola ikut mendukung pembangunan sistem master meter yang akan meningkatkan akses air minum bagi masyarakat di wilayah Surabaya dan sekitarnya. "Sekitar 880 rumah tangga akan mendapat dampak dari program ini," ungkapnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak