alexametrics

Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta

loading...
Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan MRT Jakarta dan mendukung penggunaan uang elektronik JakCard Bank DKI. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank DKI terus mendorong penerapan transaksi non tunai di Jakarta, diantaranya dengan mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto, menerangkan pengguna transportasi MRT Jakarta dapat menggunakan uang elektronik JakCard Bank DKI untuk melakukan pembayaran tiket.

"Dengan bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran di MRT Jakarta, ini semakin meningkatkan daya tarik fitur uang elektronik card based yang dimiliki Bank DKI yaitu JakCard, khususnya pada sektor transportasi," ujarnya usai peresmian MRT Jakarta oleh Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Priagung menambahkan pihaknya optimis, penambahan fitur pembayaran MRT Jakarta pada JakCard dapat mendorong pertumbuhan jumlah pengguna JakCard hingga mencapai 5 juta pengguna.



"Perhitungan ini bedasarkan potensi bisnis MRT Jakarta yang cukup besar. Kami perkirakan jumlah pengguna akan mencapai 173 ribu penumpang per harinya. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, transaksi JakCard Bank DKI bisa menembus lebih dari 10 juta transaksi per tahun," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (25/3/2019).

JakCard adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna moda transportasi MRT Jakarta cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang telah tersedia.

Kartu JakCard Bank DKI mulai bisa digunakan di stasiun MRT Jakarta sejalan dengan jadwal operasionalnya per tanggal 25 Maret 2019. Selain MRT Jakarta, JakCard Bank DKI juga dapat dipergunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran tiket untuk program regular dan personal frequent rider Kereta Bandara.

Hal ini merupakan upaya Bank DKI mendorong peningkatan transaksi non tunai, khususnya pada segmen transportasi. JakCard juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di Jakarta kawasan wisata publik seperti Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, dan Museum Seni dan Keramik.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak