alexametrics

Sambut Industri 4.0, Ditjen Hubda Tingkatkan Profesionalisme

loading...
Sambut Industri 4.0, Ditjen Hubda Tingkatkan Profesionalisme
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Memasuki Industri 4.0, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bertekad meningkatkan profesionalisme dan kinerja. Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, lantas menggelar rapat koordinasi teknis bersama jajaran dengan tema "Transformasi dan Kesiapan Perhubungan Darat untuk Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Menghadapi Tantangan dan Peluang Era Revolusi Industri 4.0."

"Rakornis ini sebagai upaya peningkatan kinerja dari tiap unit kerja di tingkat pusat dan daerah melalui transformasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubda) menghadapi tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0," ujar Budi di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Menurut dia, pihaknya berkeinginan tiap regulasi dibuat dapat langsung diterapkan di daerah Provinsi maupun kabupaten dan kota. Salah satu pembahasan selama Rakornisadalah penerapan regulasi PM 118/2018 dan PM 12/2019, kemudian mengenai Over Dimensi dan Over Load (ODOL).



"Kami harapkan dapat didukung pengawasan sepenuhnya di tingkat kabupaten dan kota," jelasnya

Selain itu, dalam Rakornis 2019 ini juga membahas dana alokasi khusus (DAK) di tahun 2020, yang memang diakui Dirjen Budi sangat membutuhkan berbagai masukan dari Kepala Dinas Perhubungan di daerah-daerah.

"Dana ini nantinya akan kami berikan kepada kabupaten dan kota. Selain itu kami juga akan membahas PM 122/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan (Reorganisasi), berikutnya pemenuhan dan peningkatan Sumber Daya Manusia sesuai dengan arahan Presiden. Juga membahas pemanfaatan dan pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi, peningkatan tata kelola serta peningkatan pelayanan dan keselamatan transportasi darat," demikian dijabarkan Dirjen Budi.

Melalui penyelenggaraan Rakornis ini, diharapkan dapat meningkatkan kekuatan institusi dalam merespon isu strategis di bidang perhubungan darat, khususnya peningkatan profesionalisme kinerja menghadapi tantangan dan peluang era revolusi industri 4.0, mekanisme.

Kemudian, implementasi serta pengawasan DAK serta terpeliharanya koordinasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan pembangunan maupun pemerintahan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, dan pengembangan kapasitas institusi untuk peningkatan kinerja pelayanan di bidang perhubungan darat.

Dalam Rakornis 2019 ini dihadiri sekitar 870 peserta yang terdiri dari pejabat eselon I di lingkungan Kemenhub, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, Direksi BUMN dan BUMD mitra kerja Ditjen Perhubungan Darat, para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD)/UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak