Indonesia Bukukan Transaksi Rp3,8 Miliar di SPH Golf Travel Fair Singapura

Rabu, 27 Maret 2019 - 01:39 WIB
Indonesia Bukukan Transaksi Rp3,8 Miliar di SPH Golf Travel Fair Singapura
Indonesia Bukukan Transaksi Rp3,8 Miliar di SPH Golf Travel Fair Singapura
A A A
JAKARTA - Indonesia sukses membukukan transaksi hingga lebih Rp3,8 miliar dalam empat hari promosi wisata dalam ajang SPH Golf Travel Fair pada 22-24 Maret 2019 di Takashimaya Shopping Center, Singapura.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Dessy Ruhati, mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam SPH Golf Travel Fair 2019 merupakan yang pertama, sejak ajang itu diselenggarakan pertama kali pada 2015.

Menurut Dessy, upaya promosi membawa kabar baik, meskipun baru pertama mengikuti pameran wisata golf, hasil yang didapat sangat memuaskan. Dari hasil evaluasi kuisioner yang dibagikan kepada industri peserta serta penjualan di luar booth Indonesia, tercatat potensial transaksi sebanyak 1.484 pax, dengan nilai Rp3.876.622.484 (dengan perkiraan nilai tukar 1 dolar Singapura sebesar Rp10.500).

"Sedangkan untuk transaksi di tempat yang dihitung dari penukaran gift redemption sejumlah 336 pax dengan nilai Rp727.471.836," ujar Dessy di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Sambung dia, SPH Golf Travel Fair, Kementerian Pariwisata memfasilitasi empat pelaku industri (golf course, golf membership, dan golf travel agent) yang berasal dari Jakarta dan Bogor.

"Mereka sekaligus menjual destinasi golf di seluruh Indonesia, antara lain Royal Jakarta Golf Club, Rainbow Hills, Prestige Golf, dan Marc Travel Service," jelasnya.

Aktivitas yang dilakukan di booth Indonesia antara lain transaksi Business to Consumer (B2C), pelayanan informasi pariwisata Indonesia, dan penjualan paket Hot Deals, serta penukaran hadiah (gimmick dan gift redemption).

Dessy mengatakan lapangan golf Indonesia menjadi yang paling difavoritkan untuk dikunjungi masyarakat Singapura. Wisata golf Indonesia bahkan lebih difavoritkan masyarakat Singapura ketimbang golf yang ditawarkan Malaysia, Thailand, China, dan Vietnam.

"Dari 245 pengunjung yang mengisi kuisoner, sebanyak 80% koresponden yang mengikuti survei sudah pernah datang ke Indonesia untuk bermain golf," katanya.

Destinasi wisata golf Indonesia yang paling favorit antara lain Kepulauan Riau, Jabodetabek, Bali, dan Bandung. Mereka juga kagum dengan lapangan golf di Indonesia diantaranya Ria Bintan Golf Club, Palm Spring, Royale Jakarta Golf Club, Damai Indah Club, Rancamaya Golf & Country Club, serta Bandung Giri Gahana Golf Club.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4967 seconds (0.1#10.140)