Banyak Negara Krisis, Gubernur BI: Kita Bersyukur Kinerja Ekonomi Stabil

Rabu, 27 Maret 2019 - 14:40 WIB
Banyak Negara Krisis, Gubernur BI: Kita Bersyukur Kinerja Ekonomi Stabil
Banyak Negara Krisis, Gubernur BI: Kita Bersyukur Kinerja Ekonomi Stabil
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut Indonesia sangat bersyukur jika pertumbuhan ekonominya masih stabil. Meskipun memang jika secara angka, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih melambat.

Menurut Perry, alasan mengapa Indonesia patut bersyukur adalah karena banyak negara lain yang justru tidak tahan dengan kondisi ekonomi global yang tidak ramah pada tahun lalu. Perekonomian beberapa negara berkembang terempas, seperti Argentina dan Turki.

"Kita patut bersyukur, harus bersyukur bahwa kinerja ekonomi Indonesia pada tahun 2018 cukup baik," ujarnya dalam acara peluncuran buku Laporan Perekonomian Indonesia 2018 di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Faktor yang membuat perekonomian global tidak ramah antara lain, ketidakpastian global seperti peristiwa Brexit, penurunan harga komoditas, kebijakan pemerintah dan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed), yang menaikkan suku bunga hingga 4 kali. Dan yang paling utama adalah konflik dagang AS dengan China.

Kebijakan AS yang menaikkan bea masuk terhadap produk baja asal China, berdampak pada negara lain. Dimana banyak negara melakukan sikap proteksi dengan mengenakan bea masuk terhadap produk asal AS dan China.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4405 seconds (0.1#10.140)