alexametrics

Meriahkan HUT Kementerian BUMN, Inalum Salurkan CSR di Tebing Tinggi

loading...
Meriahkan HUT Kementerian BUMN, Inalum Salurkan CSR di Tebing Tinggi
Meriahkan HUT ke-21 Kementerian BUMN, Inalum salurkan CSR kepada masyarakat di Tebing Tinggi. Foto/Dok.
A+ A-
TEBING TINGGI - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-21 Kementerian BUMN, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersinergi menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada warga Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara.

Sinergi program CSR ini dikemas dengan nama Program Pemberdayaan Masyarakat, yang terdiri dari 5 kegiatan: jalan sehat 5 km di Jalan Tol Tebing Tinggi; promo aktivasi LinkAja; santunan anak yatim; khitanan anak takwa; dan bersih-bersih kampung bersama BUMN.

Dalam kegiatan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Marini Soemarno, menjelaskan bahwa Kementerian BUMN memiliki tanggung jawab dalam kepedulian sosial kepada masyarakat seluruh Indonesia.



"Acara yang dibuat dalam rangka HUT Kementerian BUMN menunjukkan bahwa BUMN ke depannya harus betul-betul bisa berkiprah sebagai perusahaan profesional yang dapat mencetak keuntungan namun juga bisa berbagi kepada masyarakat," ujar Rini di Jalan Tol Tebing Tinggi, Rabu (27/3/2019).

Komitmen Inalum dan Jasa Marga untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya dari sisi kinerja namun juga dalam tanggung jawab sosialnya, selaras dengan semboyan "BUMN Hadir Untuk Negeri".

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan selain meningkatkan kesejahteraan, rangkaian kegiatan ini juga dilakukan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

"Pada HUT ke-21 Kementerian BUMN ini, kami melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan, khususnya di Tebing Tinggi yang memiliki hubungan historis dengan Inalum sejak awal konstruksi di tahun 1970-an. Tentunya hal ini juga selaras dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri," jelas Budi.

Lanjut dia, Ianlum juga telah berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari realisasi dana PKBL dan CSR yang telah disalurkan pada tahun 2018 yang mencapai Rp29 miliar.

Program rutin seperti pengobatan gratis, perbaikan sarana ibadah, pembuatan sumur bor, pembuatan posyandu, bantuan meubelier dan sarana pendidikan untuk sekolah-sekolah di sekitar Perusahaan masih tetap terus dijalankan oleh Inalum sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Dalam rangka pelestarian alam, Inalum bersama dengan PT Inhutani IV (Persero) dan LSM melakukan penghijauan dengan menanam pohon sebanyak 450 hektar lahan kritis di sekitar Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba.

Selain itu, dalam perayaan hari besar keagamaan tahun 2018, Inalum juga telah menyalurkan sembako gratis pada bulan Ramadhan sebanyak 5.000 paket di 10 kabupaten/kota dan 3 wilayah pengembangan Inalum. Sedangkan untuk Natal, Inalum melaksanakan program sembako gratis seperti tahun-tahun sebelumnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak