Menkeu Beri Perhatian Khusus untuk Ekonomi Turki, Ini Alasannya

Kamis, 28 Maret 2019 - 17:30 WIB
Menkeu Beri Perhatian Khusus untuk Ekonomi Turki, Ini Alasannya
Menkeu Beri Perhatian Khusus untuk Ekonomi Turki, Ini Alasannya
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku memberikan perhatian khusus bagi masalah ekonomi Turki. Pasalnya, gejolak ekonomi yang terjadi di negara tersebut tetap memiliki potensi untuk meluas ke negara-negara berkembang lainnya.

"Kita sebagai negara emerging harus waspada terhadap semua perkembangan ekonomi dunia," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sri Mulyani memandang gejolak yang terjadi di Turki lebih banyak disebabkan karena kebijakan yang dikeluarkan negara itu sendiri. Menurut dia, gejolak ekonomi Turki bukan persoalan global yang sistemik. "Jadi kita berharap tentu ini hanya akan terjadi di Turki dan terbatas di Turki saja," tegasnya.

Meski demikian, Sri Mulyani menegaskan bukan berarti pemerintah akan santai dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Sri Mulyani mengakui, gejolak ekonomi dunia sangat mudah menjalar ke seluruh negara, tak terkecuali Indonesia.

"Oleh karena itu kita berkomunikasi secara clear. Posisi pemerintah dari sisi policy seperti fiskal, moneter, nilai tukar, neraca pembayaran dan sebagainya," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6283 seconds (0.1#10.140)