alexametrics

Menkeu Beri Perhatian Khusus untuk Ekonomi Turki, Ini Alasannya

loading...
Menkeu Beri Perhatian Khusus untuk Ekonomi Turki, Ini Alasannya
Sebagai sesama negara berkembang, Indonesia mencermati gejolak ekonomi Turki sebagai bentuk antisipasi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku memberikan perhatian khusus bagi masalah ekonomi Turki. Pasalnya, gejolak ekonomi yang terjadi di negara tersebut tetap memiliki potensi untuk meluas ke negara-negara berkembang lainnya.

"Kita sebagai negara emerging harus waspada terhadap semua perkembangan ekonomi dunia," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sri Mulyani memandang gejolak yang terjadi di Turki lebih banyak disebabkan karena kebijakan yang dikeluarkan negara itu sendiri. Menurut dia, gejolak ekonomi Turki bukan persoalan global yang sistemik. "Jadi kita berharap tentu ini hanya akan terjadi di Turki dan terbatas di Turki saja," tegasnya.



Meski demikian, Sri Mulyani menegaskan bukan berarti pemerintah akan santai dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Sri Mulyani mengakui, gejolak ekonomi dunia sangat mudah menjalar ke seluruh negara, tak terkecuali Indonesia.

"Oleh karena itu kita berkomunikasi secara clear. Posisi pemerintah dari sisi policy seperti fiskal, moneter, nilai tukar, neraca pembayaran dan sebagainya," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak