alexametrics

Tahun Ini, 22 Perusahaan Bakal IPO Senilai Rp3,07 Triliun

loading...
Tahun Ini, 22 Perusahaan Bakal IPO Senilai Rp3,07 Triliun
Tahun ini sebanyak 22 perusahaan berencana masuk bursa. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada 22 perusahaan yang bakal melepas sahamnya (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini. Hingga saat ini, sudah ada 7 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI sepanjang tahun 2019.

Deputi Komisioner Stabilitas Sistem Keuangan OJK Santoso Wibowo mengatakan berdasarkan pipeline OJK, ada 33 rencana penawaran umum dengan nilai sebesar Rp14,6 triliun. Dari ke-33 penawaran umum tersebut, 22 merupakan IPO dengan nilai Rp3,07 triliun, 2 penawaran umum terbatas (PUT) atau rights issue senilai Rp2,68 triliun dan obligasi/sukuk Rp8,85 triliun.

"Pipeline 33, IPO 22, sukuk 9 dan lainnya, tapi saat ini masih menunggu lepas saham sukuk obligasi di pasar," ujar Deputi Komisioner Stabilitas Sistem Keuangan OJK Santoso Wibowo di kantor OJK Kompleks Bank Indonesia (BI), Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).



Dia menambahkan, untuk kinerja bursa saham, di bulan Februari OJK mencatat masih menunjukkan tren yang positif. Hal itu tentu positif bagi sejumlah perusahaan yang akan melakukan IPO. "Kalau dilihat dampak keuangan domestik lebih enak, lebih favorable," katanya.

Sementara, sambung dia, kinerja sektor perbankan pun masih cukup stabil. Hal itu terlihat dari beberapa perbankan yang melakukan aksi korporasi yang cukup tinggi

"Bank merger atau jual harus masuk ke RBB (rencana bisnis bank) dulu, Nah tentu basisnya adalah RBB Januari. Tapi kalau secara formal saya jawabnya belum ada, permohonan resmi belum ada," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak