alexametrics

Mentan Salurkan Bantuan Rp43 Miliar ke Petani Subang

loading...
Mentan Salurkan Bantuan Rp43 Miliar ke Petani Subang
Acara Apresiasi dan Sinkronisasi Program Pertanian 2019, dengan tema Bersama Petani Peternak Wujudkan Subang Jawara Pakara dan Miara. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyalurkan bantuan langsung total sebesar Rp43 miliar bagi para petani Subang, Jawa Barat. Bantuan tersebut terdiri dari 55 truk berisi 150 ekor domba, 8.500 ekor ayam berikut pakan, vaksin dan bantuan pembuatan kandang untuk 17 Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM).

Selain itu diberikan pula bantuan benih padi hibrida, lada sebanyak 32.000 batang, pala 8.000 batang dan pupuk majemuk untuk intensifikasi tebu. Selanjutnya bantuan pengembangan KRPL, PUPM dan LPM, dan alsintan berupa traktor roda dua, hand sprayer, cultivator, pompa air, dan power threser.

"Bantuan selama empat tahun pemerintahan ini untuk Subang senilai Rp527 miliar dan alsintan 1.400 unit," papar Mentan Amran dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/3/2019).



Dengan bantuan ini, kata Amran, para petani dan peternak diharapkan terus membangun Subang sebagai wilayah yang mendukung Indonesia menuju lumbung pangan dunia. "Saya juga mengapresiasi wilayah Subang mampu mewujudkan lumbung padi yang menjadi penopang kebutuhan nasional," katanya.

Sementara itu Bupati Subang, H Ruhimat mengapresiasi bantuan dan dukungan dari kementerian pertanian. Menurut dia, dukungan pembangunan pertanian memegang peranan penting dalam mewujudkan stabilitas nasional.

"Kawasan Subang merupakan kawasan pertanian nasional. Untuk lima tahun ke depan, pertanian merupakan sektor prioritas di Subang melalui Jawara Pakaya. Lebih dari 50% masyarakat kami adalah petani," ujarnya.

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan juga memberikan bantuan APBN senilai Rp1,3 miliar berupa 1.000 bibit mangga yang setara dengan 10 ha, cabe keriting priyayi, oyong ladies, buncis talawang dan sawi saka. Selain itu juga diberikan bantuan berupa pengembangan kawasan.

"Potensi hortikultura di Subang dari sisi market sangat potensial, karena jaraknya relatif dekat dengan pasar Jakarta," jelas Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi.
(ven)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak