alexametrics

Luhut: Indonesia Bisa Dijajah Teknologi

loading...
Luhut: Indonesia Bisa Dijajah Teknologi
Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi menjadi suatu tolok ukur keunggulan negara. Agar tidak ketinggalan di bidang teknologi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pentingnya Indonesia untuk berpacu di bidang teknologi. Bila hal itu tidak dimulai dari sekarang, di masa datang, Indonesia bisa dijajah lewat teknologi.

"Indonesia tidak akan mungkin dijajah secara teritorial. Yang ada, kita bisa dijajah oleh teknologi dan secara ekonomi. Itu perkiraan strategis. Oleh karena itu, postur kita harus mengarah ke sana. Tanpa kita masuk ke bidang teknologi, kita ketinggalan," tegasnya di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Alumnus Akademi Militer tahun 1970 ini, menambahkan, saat ini perkembangan teknologi berada di 5G dan artificial intelligent. Sehingga di era sekarang ini, Luhut menegaskan, Indonesia harus mempersiapkan infrastruktur jaringan nirkabel 5G, serta memanfaatkan teknologi robotik dalam berbagai kegiatan.



"Suka atau tidak suka, kita harus siapkan teknologi 5G dan robotik. Kita harus bangun infrastrukturnya dan bangun politeknik yang bisa sesuaikan itu," sambung dia.

Menuju ke sana, saat ini pemerintah tengah mendorong implementasi revolusi industri 4.0, dimana teknologi digital mengambil peranan penting. "Kemarin saya di Malang, presiden masih instruksi 4.0, di mana pemerintah mendorong ini lebih bagus. Proses pengambilan keputusannya tidak berbelit-belit," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak