alexametrics

Kemenhub Tetapkan Tarif Batas Bawah 35% dari Batas Atas

loading...
Kemenhub Tetapkan Tarif Batas Bawah 35% dari Batas Atas
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan merilis dua kebijakan mengenai penetapan harga tiket pesawat. Regulasi ini diterbitkan seiring keluhan masyarakat akan kenaikan harga tiket pesawat sejak awal tahun 2019.

Seketaris Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kemenhub, Nur Isnin Istiantono, menerangkan kedua regulasi ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 20 Tahun 2019. Adapun aturan turunannya tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 72 Tahun 2019.

"Jadi pada hari ini, kita telah merilis dua regulasi, satu Permenhub 20 kemudian yang satu Kepmen 72. Malasah tarif penerbangan di Permenhub 20, yaitu mengatur tata cara perhitungan tarif. Sedangkan besaran tarif batasanya ada di Kepmen 72. Di sini sebagai regulator, Kemenhub memberikan batasan kepada operator untuk menentukan tarifnya," ujar Isnin di Jakarta, Jumat (29/3/2019).



Dalam batasan tersebut, dalam menentukan tarif, pihak maskapai harus memperhatikan masalah persaingan sehat, perlindungan konsumen, sampai publikasi besaran tarifnya.

"Sehingga maskapai penerbangan lebih concern kepada keseimbangan keberlangsungan industri penerbangan dan penumpang," sambung Nur Isnin. Sehingga tarifnya menjadi tidak mahal.

"Di dalam batas itu, yang kami minta maskapai setiap harinya memperhatikan poin-poin tadi. Tarif batas bawah rata-rata 35% dari tarif batas atas," imbuh Nur.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak