alexametrics

Dorong Kewirausahaan Milenial, Pelindo III Gelar Kelas Kreatif

loading...
Dorong Kewirausahaan Milenial, Pelindo III Gelar Kelas Kreatif
Pelindo III menggelar BUMN Goes to Campus di Undana Kupang Nusa Tenggara Timur. Foto/Dok.
A+ A-
JAKARTA - Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-21 Kementerian BUMN, Pelindo III menggelar BUMN Goes to Campus di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekitar 350 peserta yang terdiri dari mahasiswa, siswa SMA dan SMK, serta perwakilan dari UKM mitra binaan Pelindo III, antusias mengikuti pelatihan. Dalam kesempatan itu, Pelindo III juga menyerahkan bantuan sosial dan lingkungan (CSR) berupa sarana pendukung kegiatan belajar ke Undana senilai Rp50 juta.

"Sembari memberikan inspirasi tentang pentingnya semangat membangun negeri seperti yang dikerjakan BUMN, peserta juga mengikuti beberapa Kelas Kreatif yang merupakan pelatihan bersertifikat. Mulai dari pelatihan teknik bertani urban hidroponik hingga memasak penganan khas setempat dan ketrampilan membuat kerajinan lokal," ujar Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Toto Nugroho, di Jakarta, Jumat (29/3/2019).



Ia melanjutkan, generasi milenial perlu dikenalkan kepada berbagai jenis ketrampilan agar bisa mengeksplorasi minat dan bakatnya. Karena jika sesuai passion (minat) maka tidak akan mudah merasa jenuh dan terpaksa, bahkan dapat memacu kreativitas.

"Peserta juga diberikan kelas kreatif tentang pentingnya social media marketing. Agar mereka kelak dapat memasarkan produk atau jasa kreatifnya pada platform digital sesuai dengan tuntutan persaingan global di masa depan," katanya.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu peserta, Yunita Riwu. Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undana tersebut memiliki lebih dari 8.000 pengikut di akun Instagramnya.

"Dari kelas kreatif ini saya mendapat pengetahuan bagaimana menengarai informasi yang keliru di internet, agar tidak turut menyebarkan berita bohong. Kemudian juga diajarkan bagaimana memasarkan produk kepada audiens yang tepat melalui media sosial," katanya.

Manfaat yang lain dirasakan oleh siswa SMA N 1 Kupang, Joshua Nobrihas. Ia mengaku senang karena mendapatkan kelas kreatif tentang pelatihan membuat penganan dan kerajinan lokal. Kebetulan saya sedang mencari ide untuk mengikuti lomba karya ilmiah remaja (yang diadakan salah satu kementerian). Saya berharap dapat ide baru atau memperdalam dan memilih ide yang nantinya saya ikutkan dalam lomba tersebut," akunya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Undana, Siprianus Suban Garak, mengapreasiasi diselenggarakannya Kelas Kreatif. Ia menyebut pembekalan kelas-kelas kreatif sangat bermanfaat.

"Karena kini kampus harus mendorong mahasiswanya untuk tidak hanya berprestasi di bidang akademik, juga harus menjadi lebih siap berwirausaha. Beragam ketrampilan di luar bidang akademik akan memperluas kapabilitas mahasiswa yang nantinya berguna baik di dunia kerja atau saat berwirausaha," jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Filmon Lulupoy, mengatakan, kehadiran BUMN dalam memberdayakan generasi muda menjadi langkah positif yang sejalan dengan upaya pemerintah daerah meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten dan berkualitas.

"Semoga pada ulang tahunnya yang ke-21, Kementerian BUMN semakin meningkatkan komitmennya mendukung program-program pembangunan pemerintah daerah. Terutama melalui program yang inovatif, membumi atau sesuai dengan karakter lokal. Dan tetap mengembangkan potensi implementasi teknologi agar generasi muda semakin siap menghadapi persaingan global," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak