alexametrics

Miliki Jargas Terbanyak, Prabumulih Kota Gas Terbesar Indonesia

loading...
Miliki Jargas Terbanyak, Prabumulih Kota Gas Terbesar Indonesia
Pemasangan jaringan gas di rumah warga. Foto/ilustrasi/Dok ESDM
A+ A-
JAKARTA - Kota Prabumulih di Provinsi Sumatera Selatan mengukuhkan diri sebagai kota gas terbesar di Indonesia setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan tambahan jaringan gas (jargas) sebanyak 6.018 Sambungan Rumah (SR) Sabtu (30/3) lalu.

"Sekarang, sekitar 86% warga di Prabumulih telah menikmati jaringan gas bumi untuk rumah tangga. Maka, Prabumulih dapat dikatakan sebagai city gas terbesar Indonesia," kata Jonan dalam keterangan resmi, Minggu (31/3/2019).

Pengembangan jargas di Kota Prabumulih dimulai tahun 2012 sebanyak 4.650 SR, dilanjutkan tahun 2016 sebanyak 32.000 SR dan di tahun ini sebanyak 6.018 SR. Kini total jaringan gas rumah tangga di Kota Prabumulih sebanyak 42.668 SR.



Selain dari APBN, PT Pertamina (Persero) pada tahun 2016 juga telah membangun 2.000 SR di Kota Prabumulih dengan dana investasinya. Sumber gas untuk aliran gas diperoleh dari Sumur PT Pertamina EP Asset II sebesar 1,1 MMSCFD. Sementara investasi dari pembangunan jargas di Prabumulih mencapai Rp190,3 miliar.

Pembangunan infrastruktur jargas, kata Jonan, merupakan upaya pemerintah demi meningkatkan pelayanan umum dalam penyediaan energi yang murah dan terjangkau bagi masyarakat. Pemerintah terus mengupayakan percepatan pembangunan sambungan gas untuk kota-kota yang memiliki sumber gas dan akses jaringan gas.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan, sampai akhir 2018 telah dibangun jargas sebanyak 75.952 SR. Selain di Prabumulih, pembangunan tersebut tersebar di Kabupaten Musi Rawas, Kota Palembang, Kab. Ogan Komering Ilir, Kab. Musi Banyuasin, Kab. Muara Enim dan Kab. Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sebagai informasi, hingga tahun 2018 telah dibangun 463.440 SR jargas dimana pada tahun 2018 termasuk 89.727 SR yang dibangun melalui penugasan kepada Pertamina dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

"Tahun 2019, Pemerintah kembali melanjutkan membangun jargas sebanyak 78.216 SR di 18 lokasi. Program pro rakyat harus diteruskan dan dipercepat," kata Jonan.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak