alexametrics

Penurunan Harga BBM dan Tarif Listrik Beri Andil ke Deflasi

loading...
Penurunan Harga BBM dan Tarif Listrik Beri Andil ke Deflasi
BPS mencatat, BBM dan listrik memberi andil terhadap deflasi Maret lalu. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Bulan Maret 2019 terjadi inflasi 0,11%. Meskipun inflasi, tak semua harga mengalami kenaikan, sejumlah komoditas mengalami penurunan harga.

Salah satunya adalah harga bahan bakar minyak (BBM) yang mengalami penurunan harga pada Maret 2019. BPS mencatat bensin memberikan andil pada deflasi sebesar 0,01%.

"Penurunan harga bensin pada 10 Februari lalu masih berlanjut di beberapa tempat," kata Kepala BPS Suhariyanto, di Gedung BPS, Senin (1/4/2019).



Selain itu, lanjut Suhariyanto, beberapa harga komoditas di sektor bahan makanan juga mengalami penurunan. Dia mengungkapkan, bahan makanan mengalami deflasi 0,21% dan memberikan andil pada inflasi -0,01%

Harga komoditas bahan makanan yang mengalami penurunan harga di antaranya beras, daging ayam ras, dan ikan segar yang memberikan sumbangan pada deflasi kelompok bahan makanan sebesar 0,03%. "Kemudian, telur ayam ras sebesar 0,02%, tomat sayur dan wortel masing-masing sebesar 0,01%," imbuhnya.

Pria yang Akrab disapa kecuk ini menambahkan, tarif listrik juga mengalami penurunan pada Maret 2019. BPS mencatat listrik memberikan andil deflasi sebesar 0,01%.

"Kita tahu PLN memberi diskon ke masyarakat pengguna listrik 900 va di mana per kwh-nya turun dari Rp1.320 menjadi Rp1.300 mulai 1 Maret," ujarnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak