Songsong Industri 4.0, Jokowi dan Budi Karya Akan Hadir di Seminar Milenial

Selasa, 02 April 2019 - 17:15 WIB
Songsong Industri 4.0, Jokowi dan Budi Karya Akan Hadir di Seminar Milenial
Songsong Industri 4.0, Jokowi dan Budi Karya Akan Hadir di Seminar Milenial
A A A
JAKARTA - Ribuan anak-anak milenial akan berkumpul di JIEXPO, Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu 3 April 2019. Mereka akan hadir dalam seminar nasional yang diadakan Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni).

Akan hadir Koordinator Presidium II Himpuni yang juga Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dan Presiden Jokowi sebagai keynote speaker. Rencananya, Budi Karya akan memaparkan ide kreatifnya dalam Seminar dan Dialog Nasional Himpuni dengan tema 'Milenial Indonesia dalam Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0"

Budi Karya mengajak para millenial untuk mengembangkan segala potensinya demi menyongsong ekonomi kreatif di era Revolusi Industri 4.0. Menurutnya saat ini Indonesia tengah bersiap menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Menurut Budi Karya, anak-anak muda (millenial) harus kreatif. "Ini untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri nasional," Kata Budi Karya dalam keterangan persnya, Selasa (2/4/2019).

Budi Karya melanjutkan bahwa Revolusi Industri 4.0 merupakan era di mana terjadi konektivitas secara nyata antara manusia, mesin dan data. Artinya, kehadiran Revolusi Industri 4.0 ini ditandai dengan otomatisasi dan digitalisasi. "Jadi nantinya semua industri mengharapkan adanya otomatisasi guna mendorong bisnisnya," ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut tantangan bangsa Indonesia saat ini adalah Indonesia terjerat dalam Middle Income Trap. Ini artinya pertumbuhan rata-rata Indonesia harus di atas rata-rata 6% dalam periode 2020-2030. "Maka peran anak-anak milenial sangat dibutuhkan, dengan inovasi-inovasinya untuk bisa menghadapi Revolusi Industri 4.0," tandasnya.

Pemerintah juga berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong Industri Indonesia. Baik itu UMKM maupun sektor lain yang berkaitan dengan ekonomi kreatif dengan membangun sarana dan prasarana infrastruktur.

"Saya berharap anak-anak milenial ini nantinya bisa memanfaatkan seoptimal mungkin apa yang sudah pemerintah siapakan. Karena tugas pemerintah adalah membuka playing field bagi dunia bisnis, mulai dari Aceh sampai Papua," tegasnya.

Akan hadir dalam seminar tersebut narasumber kompeten. Mereka yakni Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Kim Chang-beom, penyanyi Gita Gutawa, dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim. Acara dipandu moderator Cak Lontong dan dihibur band Kotak.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4900 seconds (0.1#10.140)