alexametrics

BI Akan Berlakukan Standarisasi QR Code Semester II-2019

loading...
BI Akan Berlakukan Standarisasi QR Code Semester II-2019
Bank Indonesia (BI) memastikan sistem pembayaran berbasis Quick Response (QR) Indonesia Standar atau QRIS akan diimplementasi secara nasional di semester dua tahun ini. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan sistem pembayaran berbasis Quick Response (QR) Indonesia Standar atau QRIS akan diimplementasi secara nasional di semester dua tahun ini. Asisten Gubernur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, saat ini proses penyusunan QRIS masuk tahap piloting project tahap kedua.

"Implementasi QRIS secara nasional kita harapkan di semester dua kita bisa lakukan termasuk juga transaksi cross border dengan masa transisi. Nanti kita akan coba lakukan uji coba cross border dengan Singapura dan Thailand akan ada kerjasama dengan Bank Indonesia," ujad Filianingsih di Gedung BI, Kamis (4/4/2019).

Sambung dia menerangkan, proses piloting project penyusunan QRIS tahap 1 sudah dilakukan pada periode Septembe sampai dengan November 2018. Selama periode itu, BI bersama ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) membentuk dua working group yaitu working group bisnis dan working group teknis. Kedua working group itu beranggotakan 19 entitas terdiri dari bank, penerbit Uang Elektronik (UE) dan switching.



"Pilot project 2 ini akan dilakukan dalam dua bulan ke depan. Prosesnya akan berkaitan dengan pengecekan bila terjadi masalah dalam transaksi menggunakan QR Code," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran, Ricky Satria menjelaskan, pilot project kedua hanya akan berfokus di Jakarta. Sejumlah 19 anggota entitas yang tergabung akan diminta untuk mengecek kefektifan dari standar QR code di merchant sekitar kantornya. "Rencananya akhir bulan ini BI akan mengecek merchant-merchant tersebut," papar Ricky.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak