alexametrics

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya

loading...
Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Dunia keuangan mencatat, sejumlah peristiwa besar memberikan efek ke sejumlah bidang. Entah itu bangkrutnya lembaga keuangan dunia, bencana alam hingga terorisme. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
DUNIA keuangan mencatat, sejumlah peristiwa besar memberikan efek ke sejumlah bidang. Entah itu bangkrutnya lembaga keuangan dunia, bencana alam hingga terorisme. Berikut klaim asuransi terbesar di dunia dan penyebabnya.

1. Krisis Keuangan 2008
Klaim asuransi : USD21 triliun

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Subprime mortgage, kredit perumahan yang diberikan kepada debitur dengan sejarah kredit buruk atau belum memiliki sejarah kredit sama sekali, menjadi pemicu Krisis Ekonomi 2008. Kebangkrutan perusahaan finansial Lehman Brothers memicu intensitas krisis ke seluruh dunia, termasuk Eropa. Tidak hanya perbankan, perusahaan juga tertampar keras karena harus menyiapkan dana untuk klaim yang diperkirakan mencapai 21 triliun poundsterling.
2. Badai Katrina, Rita & Wilma 2005
Klaim asuransi : USD130 miliar

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Badai Atlantik pada 2005 telah memicu Badai Katrina, Rita, dan Wilma. Hantaman Katrina menghancurkan sebagian wilayah Amerika Serikat mulai dari Lousiana hingga Florida Panhandle. Ribuan bangunan rusak parah, 1.800 jiwa korban meninggal, dan lebih dari satu juta penduduk mengungsi. Sesudah peristiwa tersebut, nasabah asuransi ramai-ramai mengajukan klaim mencapai USD130 miliar.
3. Kebangkrutan Lehman Brothers 2008
Klaim asuransi : USD100 miliar

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Kerugian Lehman Brothers bersumber dari jumlah subprime mortgage yang terlalu banyak dan membengkak sepanjang 2008. The Fed sempat berniat untuk melikuidasi aset dari Lehman Brothers, namun Lehman keburu jatuh lebih dari 90%.
Akhirnya, perusahaan ini kolaps dan dihapuskan dari daftar New York Stock Exchange. Diperkirakan, klaim yang muncul akibat kejatuhan Lehman Brothers menyentuh angka USD100 miliar.4. Tragedi WTC 11 September 2001
Klaim asuransi : USD40 miliar

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Serangan teror terhadap World Trade Center (WTC) Amerika Serikat yang dikenal dengan tragedi 11 September (9/11) pada 2001, telah membunuh 2.996 orang dan melukai 6.000 orang. Kerugian materi sebesar USD123 miliar.
Pemerintah AS harus memberikan bantuan sebesar USD15 miliar untuk maskapai-maskapai yang pesawatnya dibajak. Klaim asuransi juga diperkirakan mencapai USD40 miliar.

5. Badai Sandy 2012
Klaim asuransi : USD36 miliar

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Musim badai Atlantik 2012 memicu Badai Sandy menyapu wilayah Bahama, Kanada Timur, dan sebagian besar sisi timur AS. Ribuan rumah rusak dan infrastruktur di sekitarnya hancur.
Kerugian dari peristiwa tersebut diperkirakan mencapai USD75 miliar dan 233 korban jiwa. Pascaperistiwa tersebut, perusahaan asuransi dibanjiri klaim yang jumlahnya mencapai USD36 miliar.



6. Tsunami Jepang 2011
Klaim asuransi : USD40 miliar

Klaim Asuransi Terbesar di Dunia dan Penyebabnya
Gempa 8,9 Skala Richter yang mengguncang Jepang disusul oleh tsunami pertengahan Maret 2011 telah meluluhlantakkan Negeri Sakura itu. Pemerintah Jepang mengungkapkan kerugian ekonomi akibat gempa dan tsunami 16-25 triliun yen atau sekitar Rp2.536 triliun dengan korban tewas 12.431 orang. Diperkirakan ini merupakan kerugian terbesar akibat bencana alam sepanjang sejarah. (Wahyono)
Sumber: www. ashburnham-insurance.co.uk
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak