alexametrics

5 Biaya Perceraian Termahal Para Miliarder Sepanjang Sejarah

loading...
5 Biaya Perceraian Termahal Para Miliarder Sepanjang Sejarah
Bos Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya MacKenzie Tuttle. Foto/Fox News
A+ A-
NEW YORK - Teka-teki perceraian pengusaha terkaya di dunia, Jeff Bezos akhirnya terungkap. Bos Amazon itu pada Kamis, 4 Maret, mengumumkan kepada khalayak untuk memberikan 4% saham di Amazon, yang saat ini bernilai USD35 miliar atau setara Rp495 triliun (estimasi kurs Rp14.139 per USD), kepada istrinya, MacKenzie sebagai bagian dari biaya perceraian mereka.

Biaya perceraian tersebut menjadi biaya perceraian termahal dalam sejarah dunia. Sejatinya, pada Januari lalu, kedua pasangan sudah mengumumkan perpisahan mereka, namun belum membahas masalah pembagian harta gono-gini.

Perceraian miliarder Jeff Bezos menambah daftar perceraian para pengusaha papan atas dunia. Mengutip dari Forbes, Sabtu (6/4/2019), media terkemuka yang gemar menghitung kancing daftar orang terkaya dunia, juga menyusun 5 biaya perceraian termahal para miliarder sepanjang sejarah. Berikut urutannya:

1. Jeff dan MacKenzie Bezos

Biaya perceraian USD35 miliar atau setara Rp495 triliun.
Pasangan ini bertemu ketika keduanya bekerja di sebuah perusahaan hedge fund D.E. Shaw di New York pada 1992. Setahun kemudian, mereka melangsungkan pernikahan. Sebagai isteri, pada 1994, MacKenzie Tuttle ikut dengan Jeff keluar dari pekerjaan untuk pindah ke Seattle, negara bagian Washington. MacKenzie ikut membantu Jeff mendirikan Amazon.



Pada 4 April 2019, kedua pasangan mengumumkan biaya perceraian mereka, dimana MacKenzie menerima hak sebanyak 4% dari saham Amazon, yang saat ini bernilai USD35 miliar. Setelah perceraian, MacKenzie disebut-sebut menjadi perempuan terkaya ketiga di dunia.

2. Bill dan Sue Gross

Biaya perceraian USD1,3 miliar atau setara Rp18,3 triliun.
Bill Gross dikenal sebagai investor terkemuka dan salah satu pendiri Pacific Investment Management, perusahaan investasi terbesar di dunia, dengan aset USD270 miliar.

Keduanya menikah pada 1985. Dan di tahun 2016, Susan Frank atau yang kerap disebut Sue Gross mengajukan gugatan cerai dan mendapatkan harta gono-gini sebesar USD1,3 miliar. Pembagian harta tersebut meliputi rumah di Laguna Beach senilai USD36 juta, lukisan "Le Repos" tahun 1932 karya maestro lukis asal Spanyol, Pablo Picasso, yang ia jual seharga USD35 juta. Sue juga mendapatkan hak asuh atas tiga kucing peliharaan mereka.

Perceraian membuat Bill terdepak dari daftar 400 pengusaha terkaya dunia versi Forbes (The Forbes 400) di tahun 2018, dimana selama 14 tahun, Bill selalu berada dalam daftar.

3. Harold Hamm dan Sue Ann Arnall

Biaya perceraian USD975 juta atau setara Rp13,7 triliun
Harold Glenn Hamm dikenal sebagai taipan minyak Amerika Serikat. Ia juga salah satu pionir pengembangan minyak serpih (shale oil) di AS. Harold dan Susan Ann Arnall menikah pada 1988. Setelah 27 tahun, pada 2015, Harold mengakhiri pernikahannya dengan Sue Ann Arnall dan menuliskan cek kepada mantan istrinya senilai USD974.790.317,77 dari rekening bank Harold di Morgan Stanley.

4. Steve dan Elaine Wynn

Biaya perceraian USD850 juta atau setara Rp12 triliun
Steve Wynn merupakan pengusaha real estat, pemilik beberapa kasino, resor, hotel, dan juga kolektor benda-benda seni. Ia memiliki jaringan hotel di Atlantic City New Jersey dan Las Vegas Nevada dengan bendera Wynn Resorts.

Kisah hidup Steve Wynn dan Elaine Farrel Pascal terbilang lucu. Keduanya melangsungkan pernikahan pada 1963 dan bercerai pada 1986. Tahun 1991, keduanya kembali menikah dan lantas bercerai pada 2010.

Dalam perceraian kedua, Elaine yang menjadi anggota dewan Wynn Resorts sejak 2002, menerima pembagian harga 11 juta saham, yang diperkirakan bernilai USD795 juta. Pada 2012, Elaine menggugat Wynn Resorts untuk menjual 9% sahamnya sebagai bagian dari kesepakatan.

Setelah perceraian, kehidupan Steve Wynn menjadi kacau. Ia akhirnya mengundurkan diri sebagai CEO dan chairman Wynn Resorts pada Februari 2018, dan menjual seluruh sahamnya. Sekarang, Elaine dengan uang USD2 miliar menjadi pemegang saham terbesar di Wynn Resorts.

5. Roy Edward dan Patricia Disney
Biaya perceraian USD600 juta atau setara Rp8,4 triliun
Roy Edward Disney adalah keponakan dari Walt Disney, pengusaha industri hiburan terbesar dunia. Pada 2007, Roy memiliki kekayaan senilai USD1,3 miliar.

Roy dan Patricia Ann Dailey menikah pada 1955, namun setelah 52 tahun menikah, pada 2007, Roy yang saat itu berusia 77 tahun dan Patricia 72 tahun, memutuskan bercerai. Roy kemudian memberikan pembagian harta sebesar USD600 juta.

Sebelum bercerai, Roy selalu masuk daftar 400 pengusaha terkaya dunia versi Forbes (The Forbes 400). Namun setelah perceraian, ia kehilangan hampir dari setengah kekayaannya dan terdepak dari daftar Forbes 400. Pada 2009, Roy meninggal dunia. Sedangkan Patricia mengikuti pada tahun 2012.

Menilik dari kasus perceraian di atas, kebanyakan sang suami yang merupakan pengusaha terkaya dunia mengalami penurunan kekayaan setelah bercerai. Apakah hal itu bakal berlaku buat Jeff Bezos?
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak