Pertamina Bakal Akuisisi Perusahaan Asal Brasil untuk Produksi Bioetanol

Senin, 10 Juni 2024 - 19:24 WIB
loading...
Pertamina Bakal Akuisisi Perusahaan Asal Brasil untuk Produksi Bioetanol
Pertamina akan mengakuisisi perusahaan asal Brasil untuk memproduksi bioetanol. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invetasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan Bioetanol siap gantikan bensin 3 tahun mendatang.

Luhut menjelaskan saat ini pemerintah tengah mempersiapkannya dengan mencari sumber Bioetanol salah satu lewat pemanfaatan gula tebu. Saat ini, Pemerintah sudah membuka food estate di Papua untuk memproduksi gula untuk menjadi bahan baku pembuatan Bioetanol.

"Nah, ini saya kira dalam 3 tahun, 2 tahun ke depan kita akan bisa capai (ganti bensin dengan Bioetanol)," ujar Luhut dalam sambutannya pada acara ulang tahun HIPMI di Jakarta, Senin (10/6/2024).



Langkah lainnya, Luhut mengatakan saat ini PT Pertamina (Persero) juga tengah menyelesaikan proses akuisisi salah satu perusahaan di Brasil yang memproduksi gula untuk dijadikan Bioetanol.

"Kita akan ganti bensin itu secara bertahap dengan Bioetanol. Sehingga nanti Pertamina memiliki sumber energi dan sumber gula di Brasil, itu akan membuat ketahanan energi kita bagus," sambung Luhut.

Baca Juga: Profil Simon Aloysius, Orang Dekat Prabowo yang Ditunjuk Jadi Komut Pertamina Gantikan Ahok

Luhut mengatakan penggantian pertalite menjadi Bioethanol bertujuan untuk menekan emsisi yang dikontribusikan oleh kendaraan bermotor. Sebab menurutnya, gas buang yang dihasilkan dari bioethanol lebih bersih ketimbang gas buang yang dihasilkan oleh Pertalite.

"Iya nanti kita lihat dulu, kita mau Bioetanol itu karena masalah polusi ini harus kita kendalikan paling cepat mengendalikan itu adalah tadi ethanol," ungkap Luhut.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)