alexametrics

Menhub Target Lima Pelabuhan Akan Bebas Korupsi

loading...
Menhub Target Lima Pelabuhan Akan Bebas Korupsi
Menhub Budi Karya Sumadi menargetkan, lima pelabuhan bakal terbebas dari korupsi mengikuti jejak Pelabuhan Tanjung Priok yang diklaim telah bebas korupsi. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan, lima pelabuhan bakal terbebas dari korupsi mengikuti jejak Pelabuhan Tanjung Priok yang diklaim telah bebas korupsi. Sambung dia menekankan akan menyulap pelabuhan-pelabuhan di Indonesia sehingga tidak menjadi sarang korupsi.

Sambung dia mengungkapkan akan ada lima pelabuhan yang bakal bersih dari korupsi. Lima Pelabuhan di antaranya, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Mas, Pelabuhan Makassar New Port, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Yos Sudarso. "Kami ingin bukan priok saja, ada 5 priok lagi yang juga pelabuhan bebas korupsi," jelas Menhub Budi Karya di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Budi Karya mengutarakan, untuk membebaskan pelabuhan salah satunya dengan menggenjot pelabuhan untuk bisa tampung volume barang tertentu. Selain itu, memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang maupun angkutan logistik agar tak ada komplain.



"Jika menjadikan pelabuhan bebas korupsi, maka pelayaran bisa ditingkatkan. Kita yakin juka pelabuhan ini bisa memberikan kinerja yang baik dan melayani, Insya Allah investasi akan berkembang," tuturnya.

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk ini menargetkan, lima pelabuhan itu bisa terbebas dari korupsi dalam waktu setahun ini. "Paling lama dua tahun kalau bisa setahun. Jadi sebagai contoh volume kalau priok 7,5 juta jadi 9 juta, katakan perak 3 juta kita targetkan naik 20% karena kenaikan volume ekspor, membuktikan kinerja semuanya bekerja dengan baik, mereka melakukan tingkat level of service yang maksimal," jelasnya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga bersiap membangun pelabuhan baru yang termasuk dalam program Tol Laut, dimana Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya menjadi pelabuhan utama dalam proyek tol laut. Sedangkan untuk pelabuhan pengumpan berada di Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Sampit, Pelabuhan Banjarmasin dan Pelabuhan Penau di Kupang.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak