PLN Dukung Kelistrikan Pulau-pulau Destinasi Wisata

Selasa, 09 April 2019 - 00:09 WIB
PLN Dukung Kelistrikan Pulau-pulau Destinasi Wisata
PLN Dukung Kelistrikan Pulau-pulau Destinasi Wisata
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan komitmennya melistriki pulau-pulau yang menjadi destinasi wisata.

"Kami berkomitmen menerangi seluruh daerah di Indonesia, termasuk pulau dan daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), yang sangat berpotensi menjadi daerah tujuan wisata, termasuk juga wisata ekstrim, yang semangatnya diusung dalam penyelenggaraan DXI 2019," tegas Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN, I Made Suprateka di Jakarta, Senin (8/4/2019).

PLN, lanjut dia, berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan DXI (Deep and Extreem Indonesia) 2019, sebuah perhelatan besar tahunan yang menghadirkan pameran, lomba dan diskusi seputar olahraga wisata bahari, selam, ajang petualangan outdoor ekstrem, yang kini memasuki tahun penyelenggaraan ke-13.

Menurut Made, PLN sudah berhasil menghilangkan pemadaman listrik secara bergilir yang terjadi tahun 2015, melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan secara berkesinambungan.

Tidak hanya melalui cadangan daya listrik yang memadai dengan sistem yang besar, namun PLN sudah berhasil meningkatkan infrastruktur kelistrikan hingga ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau akses listrik, yaitu daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Made menjelaskan, PLN juga memiliki satu program yang dinamakan Program Listrik Pedesaan. Sampai Desember 2018, jumlah desa yang sudah teraliri listrik mencapai79.041 desa. Selama tahun 2015 sampai 2018, jumlah tambahan desa yang teraliri listrik mencapai 9.504 desa berlistrik.

"Dengan mengaliri desa dan juga menerangi daerah-daerah 3T, maka akan mendorong ekonomi bertumbuh. Dengan bertumbuhnya ekonomi, akan berdampak pula meningkatnya kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Maka hal tersebut secara tidak langsung juga berdampak mempersatukan Indonesia, sekaligus mengangkat harkat hidup manusia," jelas Made.

Ketua Panitia DXI 2019, Dharmawan Sutanto menjelaskan, DXI 2019 merupakan transformasi dari event Deep and Extreme Indonesia yang sudah digelar sejak 2007 di Jakarta.

Menurut Dharmawan, DXI adalah event yang sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya para penyelam, pelaku kegiatan outdoor dan olah raga air. DXI 2019 merupakan pameran internasional yang akan menampilkan berbagai variasi produk dan paket destinasi petualangan outdoor, baik di laut maupun daratan.

Pengunjung memanfaatkan event ini untuk mendapatkan harga spesial berbagai peralatan selam, aktivitas alam, olahraga air, olahraga ekstrem, peralatan fotografi, gadget, aksesoris, dan pendukung aktivitas perjalanan wisata sampai kegiatan outdoor.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4291 seconds (0.1#10.140)