alexametrics

Kemiskinan Sulit Dipangkas Karena Penerimaan Pajak Rendah

loading...
Kemiskinan Sulit Dipangkas Karena Penerimaan Pajak Rendah
Tim Ekonomi BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan, Pemerintah saat ini dinilai belum berhasil mewujudkan penurunan kemiskinan karena penerimaan pajak rendah. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Tim Ekonomi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Anthony Budiawan mengatakan, pengentasan kemiskinan akan bisa dilakukan dengan meningkatkan transfer payment atau penyaluran dana bagi masyarakat miskin. Dia melanjutkan, transfer payment akan ditingkatkan melalui penerimaan pajak yang lebih besar.

"Menurut kami sekarang pemerintah sulit tuk memberantas kesenjangan sosial ini, mengurangi ya, karena kesenjangan sosial hanya bisa dikurangi kalau pemerintah mempunyai uang, pemerintah punya uang, jadi kalau ada yang namanya istilah ekonominya transfer payment," ujar Anthony di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dia menjelaskan saat ini rasio penerimaan pajak negara dinilai belum cukup untuk menutup dana pengentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial. "Jadi intinya adalah kita harus meningkatkan pendapatan pendapatan negara sehingga kita bisa mengurangi kesenjangan sosial dengan melakukan transfer payment," jelasnya.



Dia pun optimis transfer payment ini nantinya akan dialokasikan dalam membantu masyarakat mendapat pendidikan, transportasi dan kesehatan yang lebih adil dan mudah. Pemerintahan saat ini dinilai belum berhasil mewujudkan ketiga hal tersebut karena penerimaan pajak rendah.

"Di mana bahwa masyarakat golongan bawah di bantu sekolahnya, transportasi dan sebagainy. Di sini ada yang sedikit yang dikatakan pakai kartu-kartu tadi tidak memadai karena tax ratio kita di bawah 10%," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak