alexametrics

Rupiah Diprediksi Bergerak di Kisaran Rp14.130-14.160 per USD

loading...
Rupiah Diprediksi Bergerak di Kisaran Rp14.130-14.160 per USD
Nilai tukar rupiah di akhir perdagangan pekan ini diperkirakan melemah terhadap dolar AS. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini diperkirakan melemah. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi nilai tukar rupiah terhadap USD bergerak di kisaran Rp14.130-Rp14.160 per dolar AS (USD). Hal ini dikarenakan mata uang Amerika Serikat mengalami penguatan didukung data ekonomi yang positif sehingga membuat mata uang garuda tertekan.

"Semalam dollar AS menguat terhadap mata uang utama dunia karena data-data ekonomi yang dirilis lebih bagus dari perkiraan, antara lain data klaim pengangguran yang turun dan di bawah ekspektasi dan data indeks harga produsen bulan Maret yang menjadi salah satu indikator inflasi, dirilis lebih bagus dari ekspektasi 0,6% vs 0,3%," ujar Ariston di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Dia mengatakan, data-data tersebut menandakan ekonomi AS masih bagus. Berkaitan dengan itu, dia menilai bisa jadi akan ada pengetatan moneter oleh The Fed ke depannya. "Bila data-data ekonomi AS konsisten bertumbuh bagus. Rupiah bisa makin tertekan terhadap dolar," katanya.Sementara, pada perdagangan kemarin nilai tukar rupiah terhadap USD akhirnya berbalik menguat sebesar 13 poin atau 0,09% dan ditutup di level Rp14.139 per USD.

(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak