alexametrics

Aliran Dana Asing ke Indonesia Hingga April 2019 Capai Rp91 Triliun

loading...
Aliran Dana Asing ke Indonesia Hingga April 2019 Capai Rp91 Triliun
Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke Tanah Air sejak awal tahun hingga pekan kedua April 2019 hampir mencapai Rp91 triliun. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke Tanah Air sejak awal tahun hingga pekan kedua April 2019 hampir mencapai Rp91 triliun. Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menerangkan, dana asing yang masuk atau capital inflow terus membanjiri pasar saham dan Surat Berharga Negara (SBN) dalam negeri.

"Inflow masih bagus, kalau dilihat lelang SBN terus oversubscribe. Inflow year to date sudah masuk di pasar saham Rp16 triliun sedangkan SBN Rp75 triliun," ujar Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di Gedung BI, Jumat (12/4/2019).

Sambung dia menambahkan, arus modal asing tahun ini lebi besar dibandingkan tahun lalu, pasalnya asing yang masuk pasar saham minus atau negatif. Sedangkan pasar SBN hanya Rp34 triliun. Hal ini ketika persepsi investor terhadap Indonesia cukup positif di 2019 sehingga membuat arus modal asing cukup deras.



"Tentu yang didorong dari angka makronya, juga inflasi terkendali kemudian kalau dari sisi budget anggaran pemerintah juga menunjukkan defisit APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) terkendali," jelasnya.

Persepsi investor terhadap Indonesia masih tetap positif,dengan kondisi membaik yang ditunjukkan defisit yang prudent, juga tren CAD kuartal I juga membaik. Berdasarkan catatan bank sentral, jumlah dana Rp91 triliun itu dirinci dana yang masuk melalui melalui SBN Rp75 triliun, sedangkan dana yang masuk melalui pasar saham sebesar Rp15,9 triliun.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak