alexametrics

Diplomasi Kuliner Indonesia di Ajang Forum Bisnis Johannesburg

loading...
Diplomasi Kuliner Indonesia di Ajang Forum Bisnis Johannesburg
Diplomasi kuliner yang dilakukan Indonesia pada ajang Forum Bisnis di Johannesburg, Afrika Selatan berhasil menarik perhatian. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg Anggun Paramita Mahdi menyatakan, diplomasi kuliner yang dilakukan Indonesia pada ajang Forum Bisnis di Johannesburg, Afrika Selatan berhasil menarik perhatian para tamu yang hadir. Diplomasi kuliner yang berlangsung pada 9 April 2019 ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan ITPC Johannesburg bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Pretoria di Afrika Selatan untuk mempromosikan hidangan khas dan produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia.

"Diplomasi kuliner pada ajang Forum Bisnis dimaksudkan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia di Afrika Selatan. Para peserta forum menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap produk2 yang ditampilkan," jelas Anggun di Jakarta.

Anggun juga menyampaikan, diplomasi kuliner dan promosi produk Indonesia ini dikemas dengan menarik, yaitu dengan mendatangkan juru masak ternama Indonesia William Wongso secara langsung. Selain itu, kuliner Indonesia yang disajikan juga dipadukan dengan bahan baku dari Afrika Selatan.



Ragam kuliner yang disajikan, antara lain nasi kuning, sate ayam, rendang, bakwan jagung udang, dan cumi hitam pekalongan. Sedangkan produk mamin, antara lain permen jahe, permen kopi, minuman air kelapa, dan santan.

“Apresiasi para tamu dari Afrika Selatan yang hadir di Forum Bisnis ini sangat luar biasa. Mereka menikmati makanan asli Indonesia yang telah dipadukan dengan bahan baku Afrika Selatan,” tandas Anggun.

Sedangkan, ajang Forum Bisnis itu sendiri digelar ITPC Johannesburg dan KBRI Pretoria dalam rangka memeriahkan hubungan 25 tahun diplomatik Indonesia dan Afrika Selatan. Kegiatan yang mengusung tema "The Taste of Doing Business with Indonesia," ini dibuka Duta Besar RI di Pretoria Salman Al Farisi.

Anggun menyampaikan pernyataan Dubes Salman yang berharap kuliner dan produk mamin Indonesia dinikmati dan diterima masyarakat Afrika Selatan sehingga dapat semakin mempererat hubungan kedua negara. Menurutnya ITPC Johannesburg menargetkan bisa mendapatkan distributor-distributor baru yang hadir dalam Forum Bisnis. "Para tamu yang hadir berpotensi menjadi pelaku usaha yang mengimpor atau menjual produk mamin Indonesia di Afrika Selatan," tegasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak