alexametrics

Pekan Kedua April, Nilai Transaksi Harian Pasar Modal Capai Rp9,380 T

loading...
Pekan Kedua April, Nilai Transaksi Harian Pasar Modal Capai Rp9,380 T
Pekan ini data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan peningkatan pada rata-rata nilai transaksi harian bursa begitu juga dengan rata-rata volume transaksi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pekan ini data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan peningkatan pada rata-rata nilai transaksi harian bursa, yaitu sebesar 7,86% menjadi Rp9,380 triliun dibandingkan pekan sebelumnya Rp8,696 triliun. Kemudian untuk data rata-rata volume transaksi juga mengalami kenaikan sebesar 0,84% menjadi 15,65 miliar unit saham dari 15,52 miliar unit saham pada pekan sebelumnya.

Kemudian untuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan kedua di bulan April 2019 mengalami perubahan sebesar 1,05% ke level 6.405,866 dari 6.474,018 pada penutupan pekan lalu. Untuk data rata-rata frekuensi transaksi harian BEI selama sepekan berubah sebesar 1,46% menjadi 398,62 ribu kali transaksi dari 404,52 ribu kali transaksi pada pekan lalu.

Sedangkan untuk nilai kapitalisasi pasar juga mengalami perubahan sebesar 1,03% menjadi Rp7.286,36 triliun dari Rp7.362,50 triliun pada penutupan pekan lalu. "Untuk nilai kapitalisasi pasar juga mengalami perubahan sebesar 1,03 persen menjadi Rp7.286,36 triliun dari Rp7.362,50 triliun pada penutupan pekan lalu," tulis keterangan resmi Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).



Pada pekan kedua bulan April, BEI resmi mencatatkan 3 (tiga) Perusahaan baru dan 1 (satu) produk Exchange Traded Fund (ETF). Pertama, pada Rabu (10/4), PT Meta Epsi Tbk dengan kode saham MTPS resmi sebagai Perusahaan Tercatat ke-8 (delapan) pada tahun 2019 dan bergerak pada Sektor Infrastructure, Utilities and Transportation dan bergerak pada Sub Sektor Non Building Construction.

Kemudian, pada Kamis (11/4), PT Capri Nusa Satu Properti Tbk dengan kode saham CPRI resmi sebagai Perusahaan Tercatat ke-9 (sembilan) pada tahun 2019 dan bergerak pada Sektor Property, Real Estate and Building Construction dan Sub Sektor Property and Real Estate.

Selanjutnya pada akhir pekan, tepatnya pada Jumat (12/4), PT Menteng Heritage Realty Tbk. resmi tercatat di BEI dengan kode saham HRME sebagai Perusahaan Tercatat ke-10 (sepuluh) pada tahun 2019. HRME bergerak pada Sektor Trade, Services & Investment dan Sub Sektor Tourism, Restaurant dan Hotel.

Masih pada hari yang sama dan bertepatan dengan seremoni Pencatatan Perdana Saham PT Menteng Heritage Realty Tbk, Reksa Dana Indeks ETF Phillip MSCI Indonesia Equity Index resmi dicatatkan di BEI dengan Kode ETF: XPMI oleh PT Phillip Asset Management. XPMI resmi tercatat sebagai ETF ke-3 di BEI pada tahun 2019 dan menjadi ETF pertama bagi PT Phillip Asset Management.

Sepanjang tahun 2019, investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp14,698 triliun dan pada hari ini, investor asing mencatatkan jual bersih sebesar Rp1,047 triliun.

BEI melalui Kantor Perwakilan (KP) Jambi bekerja sama dengan STIE Muhammadiyah Jambi dan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Sang Surya Jambi, menyelenggarakan peluncuran perdana aplikasi KSPM Sang Surya dan Young Investor Magazine (YIM) oleh STIE Muhammadiyah Jambi.

Aplikasi tersebut dapat diunduh pada sistem operasi Android dan iOS, dan deskripsi aplikasi tersebut dapat dilihat pada kanal YoutubeKSPM Sang Surya Jambi. Aplikasi KSPM Sang Surya tersebut diluncurkan dengan tujuan memudahkan investor atau calon investor mendapatkan informasi tentang Galeri Investasi (GI) STIE Muhammadiyah Jambi dan aktifitas KSPM Sang Surya Jambi.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak