alexametrics

Pastikan Arus Mudik Lancar, Jasa Marga Pantau Kesiapan Layanan Jalan Tol

loading...
Pastikan Arus Mudik Lancar, Jasa Marga Pantau Kesiapan Layanan Jalan Tol
Jasa Marga pantau kesiapan layanan jalan tol agar arus mudik dan arus balik berjalan lancar. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Untuk memastikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jalan tol pada saat arus mudik dan balik berlangsung, PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama sejumlah kelompok usahanya menggelar kegiatan Susur Tol Trans Jawa.

Mulai arus mudik dan balik tahun ini, Jasa Marga memindahkan titik transaksi yang semula di GT Cikarang Utama 1 dari KM 29 ke KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (GT Cikampek Utama) untuk melayani lalu lintas dari dan menuju arah Jawa Tengah, serta KM 67 Tol Cipularang (GT Kalihurip Utama) untuk melayani lalu lintas dari dan menuju arah Bandung.

"Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas gerbang tol serta mengurai kepadatan yang terjadi di GT Cikarang Utama seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani di Jakarta, Minggu (14/4/2019).



Raddy L. Lukman selaku General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyatakan, proses pembangunan GT Cikampek Utama sudah berjalan dengan baik dan diperkirakan dapat dioperasikan pada saat arus mudik berlangsung.

"GT Cikampek Utama ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk kepadatan lalu lintas yang sebelumnya kerap terjadi di GT Cikarang Utama 1, dan kami optimis pada saat arus mudik berlangsung, pelayanan di GT Cikampek Utama sudah dapat beroperasi dengan baik," jelasnya.

Setelah memantau pengerjaan proyek pembangunan GT Cikampek Utama, Desi juga melihat secara langsung kondisi terkini dari pembangunan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau yang biasa disebut Rest Area di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.

Dalam persiapan menghadapi arus mudik dan balik tahun ini, Jasa Marga mencatat ada tiga perhatian utama, yakni kapasitas, keselamatan (safety), serta rest area. Terkait kapasitas, yang menjadi perhatian ekstra Jasa Marga adalah kapasitas di gerbang tol-gerbang tol.

Saat ini, ruas-ruas tol di jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang dikelola oleh Jasa Marga serta kelompok usahanya telah mengantongi uji laik, hal ini agar memperhatikan unsur-unsur keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Sementara itu, terkait kesiapan rest area mencakup antara lain ketersediaan parkir, kapasitas toilet, kondisi tempat ibadah hingga keberadaan SPBU.

Pantauan kesiapan ini dilatarbelakangi dengan tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Pasuruan (Grati) yang diharapkan dapat menjadi salah satu jalur alternatif guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019 yang lebih nyaman dan aman bagi pengendara.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak