alexametrics

Mentan Amran Tegaskan Harga Bawang Merah Sudah Turun

loading...
Mentan Amran Tegaskan Harga Bawang Merah Sudah Turun
Mentan Amran menegaskan, harga bawang merah sudah mengalami penurunan berdasarkan operasi pasar yang intens dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan, harga bawang merah sudah mengalami penurunan berdasarkan operasi pasar yang intens dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Dia menyebutkan harga bawang merah sekarang sudah dijual di kisaran Rp25.000 per kg.

"Sudah turun pas operasi pasar. Udah turun dan sekarang Rp25 ribu. Ini karena distribusi karena harga di lapangan ada Rp20 ribu dan di pusatnya ada sekitar Rp18 ribu," ujar Mentan Amran di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dia pun mengatakan, harga bawang merah yang naik dikarenakan distribusi yang terganggu sehingga pasokan berkurang dan membuat harga bawang merah menjadi naik. "Ini karena distribusi karena harga di lapangan ada Rp20 ribu ada Rp18 ribu, itu utamanya persoalan distribusi. Paske Brebes terganggu jadinya harganya bisa capai Rp60 ribu per kg," katanya.



Untuk itu, Ia juga dalam menekankan harga bawang merah pihaknya akan terus memperluas luas lahan dalam memproduksi bawang merah. Salah satunya adalah memingkatkan benih komoditas. "Kita tingkatan benih biar kita swasembada sekarang bawang merah udah ekspor jagung juga. Jadi biar kita jaga pasokan," tegas dia.

Sebelumnya Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura dan pelaku usaha kembali bekerja sama menggelar Operasi Pasar (OP) bawang merah dan bawang putih di Pasar Induk Keramat Jati Jakarta Timur, Sabtu, (13/4). Operasi pasar yang digelar intens belakangan telah membuat harga bawang saat ini berangsur turun.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak