Pelabuhan Pontianak Targetkan Pergerakan Peti Kemas Lebih Efisien

Senin, 15 April 2019 - 18:01 WIB
Pelabuhan Pontianak Targetkan Pergerakan Peti Kemas Lebih Efisien
Pelabuhan Pontianak Targetkan Pergerakan Peti Kemas Lebih Efisien
A A A
JAKARTA - PT Pelindo II (IPC) Cabang Pontianak mulai menerapkan sistem aplikasi digital NPK-S (Non-Peti Kemas System) pada sub-bagian pelayanan umum IPC Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Setelah diresmikan, sistem aplikasi yang mengusung konsep Go live ini langsung diperkenalkan kepada para pelaku bisnis di wilayah tersebut.

Direktur PT Electronic Data Interchange (EDI) Indonesia Yan Budi Santoso menyatakan terima kasih kepada jajaran manajemen IPC Cabang Pontianak sehingga System ini dapat terealisasi dan dapat diimplementasikan di Cabang Pontianak. Yan Budi berharap, sistem NPK-S ini dapat diimplementasikan secepatnya kepada pengguna jasa di Pelabuhan Dwikora ini.

Sementara itu, General Manager Pelindo Pontianak Adi Sugiri mengatakan, System (NPK-S) merupakan suatu sistem operasional yang menangani kegiatan peti kemas pada lini 2. "Sistem ini meliputi kegiatan stuffing dan stripping yang terintegrasi dengan proses pembayaran New Billing System (NBS)," katanya di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Implementasi sistem ini, lanjut Adi, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan stuffing/stripping, peningkatan efektivitas planning & kontrol, efisiensi pergerakan peti kemas serta akurasi penyajian data dan laporan.

Adi juga menyatakan bahwa penerapan sistem NPK-S ini memerlukan waktu. Pihaknya akan terus bersosialisasi kepada pihak pengusaha truk untuk jalannya sistem digital ini. "Mudah-mudahan bisa berjalan sesuai harapan, karena untuk pelaksanaannya masih butuh waktu," ungkapnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)