alexametrics

American Airlines Perpanjang Larangan Terbang Boeing 737 Max

loading...
American Airlines Perpanjang Larangan Terbang Boeing 737 Max
American Airlines memperpanjang larangan penerbangan pesawat Boeing 737 Max 8 dari Juni hingga pertengahan Agustus 2019, mendatang. Foto/Ilustrasi, BBC
A+ A-
TEXAS - American Airlines memperpanjang larangan penerbangan pesawat Boeing 737 Max 8 dari Juni hingga pertengahan Agustus 2019, mendatang. Langkah ini diterangkan untuk "memberikan kepercayaan" kepada pelanggan selama puncak musim liburan musim panas, seperti disampaikan pihak maskapai melalui surat resmi.

Seperti dilansir BBC, pada bulan lalu seluruh pesawat seri 737 Max dikandangkan di seluruh dunia setelah kecelakaan fatal yang melibatkan Ethiopian Airlines dan Lion Air Indonesia. Boeing sendiri sedang mengembangkan perangkat lunak baru untuk sistem anti-stall jet, yang telah diawasi sejak kecelakaan.

Pejabat senior di American Airlines mengatakan bahwa mereka yakin bahwa perpanjangan larangan Boeing akan disetujui oleh regulator penerbangan AS sebelum 19 Agustus, meskipun ada keputusan untuk menurunkan armada 24 pesawat sampai saat itu. Pembatalan ini akan memengaruhi hingga 115 penerbangan sehari, seperti dilaporkan Reuters.



Pekan lalu, Southwest Airlines melakukan langkah serupa dan United Airlines juga telah membatalkan 737 penerbangan Max 8 hingga Juni. Pesawat tersebut dilarang terbang, lantaran investigasi masih berlanjut terkait kecelakaan Ethiopian Airlines bulan lalu yang menewaskan 157 orang di dalamnya.

Sebuah laporan awal mengatakan pesawat menukik beberapa kali sebelum jatuh ke tanah meskipun pilot "berulang kali" mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Boeing. Sementara pada Oktober, 737 Max 8 yang diterbangkan oleh maskapai Indonesia Lion Air juga jatuh dan menewaskan 189 orang.

Penyelidik memfokuskan pada perangkat lunak anti-stall pesawat, Sistem Manuver Karakteristik Augmentasi (MCAS). Sejauh ini belum diketahui pasti bagaimana hasil dari penyelidikan terkait kecelakaan yang melibatkan Boeing 737 Max 8.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak