alexametrics

Gelar Operasi Pasar, Kemendag Jual Bawang Putih Rp20 Ribu/Kg

loading...
Gelar Operasi Pasar, Kemendag Jual Bawang Putih Rp20 Ribu/Kg
Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelar operasi pasar untuk bawang putih dan menjualnya dengan harga sebesar Rp20 ribu/kilogram. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggelar operasi pasar untuk bawang putih dan menjualnya dengan harga sebesar Rp20 ribu/kilogram di pasar tradisonal, sedangkan di retail modern mencapai Rp30.000 per kg. Direkrorat Jenderal Perdagangan Dalam Negri Kemnterian Perdagangan Tjahya Widayanti mengatakan, operasi pasar bakal intens dilakukan.

"Ya ditunggu, kita menyediakan pasokan dan harga untuk operasi pasar dijual bawang Rp20 ribu kg dan retail modern Rp30 ribu. Kita juga instruksikan bahwa importir lainnya mengeluarkan stok bawang putih," ujar Tjahya di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Sambung dia menekankan, operasi pasar ini akan dilakukan terus hingga harga di pasar turun untuk mengantisipasi gejolak harga saat bulan puasa. "Kemarin berapa harganya, Rp 40-an kan, memang tidak akan langsung turun setidaknya kita tidak ingin sampai terjadi seperti di tahun 2017 lalu yang tinggi sekali jelang bulan puasa. Kita akan lakukan sampai harga normal lah," jelasnya



Tjahya berharap harga bawang putih kembali lagi di standar yang normal dengan adanya operasi pasar. Menurut dia normalnya harga bawang putih sekitar Rp 25 ribu sampai 35 ribu per kilogram.

"Tahun lalu itu kan kita mau Rp25 ribu-35 ribu, di ritel moderen itu Rp35 ribu tapi sudah bersih. Andai kata pasar dibanjiri (barang) pasti akan turun, supply demand lah," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak