alexametrics

Hitung Cepat Jokowi Menang, Fitch Ratings: Reformasi Ekonomi Bakal Terjadi

loading...
Hitung Cepat Jokowi Menang, Fitch Ratings: Reformasi Ekonomi Bakal Terjadi
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Hasil sementara perhitungan cepat (quick count) dalam Pemilihan Presiden 2019, Capres nomor urut 01, Joko Widodo memenangkan pemilihan. Jika tidak ada perubahan dalam keputusan KPU pada Mei mendatang, Jokowi kembali terpilih sebagai presiden.

Hasil ini mendapat respon dari lembaga internasional, Fitch Ratings. Direktur Fitch Ratings, Thomas Rookmaaker, mencatat hasil quick count membuat investasi akan berjalan dengan baik. Bahkan kata, dia gelombang reformasi ekonomi bakal terjadi.

"Kelanjutan dari kebijakan ekonomi saat ini, dengan fokus pada stabilitas makro, belanja infrastruktur, dan upaya untuk meningkatkan rasio penerimaan pajak pemerintah," tutur Thomas dalam keterangan resmi, Kamis (18/4/2019).



Dari perspektif peringkat, Thomas memandang, fokus kebijakan pada stabilitas makro sangat relevan dengan kondisi perekonomian Indonesia. Memang, kebijakan terkait stabilitas lebih banyak berada di bawah naungan bank sentral yaitu Bank Indonesia.

"Tetapi pemerintah telah memainkan peran pendukung selama beberapa tahun terakhir melalui manajemen fiskal yang bijaksana dan koordinasi kebijakan," lanjut Thomas.

Hanya saja, Thomas memandang, masih ada ketidakpastian terkait agenda reformasi pada pemerintahan selanjutnya. Fitch melihat, seharusnya reformasi struktural tetap berjalan untuk menggenjot investasi di Indonesia.

"Reformasi struktural yang mencakup peningkatan mutu pendidikan, undang-undang ketenagakerjaan yang lebih fleksibel, dan fasilitasi pengadaan tanah," lanjutnya.

Adapun, Fitch mengapresiasi keberhasilan pemerintah melakukan koordinasi kebijakan, termasuk dengan Bank Indonesia selama ini. Atas kestabilan makroekonomi yang dicapai, Fitch mengafirmasi peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil (Investment Grade) pada pertengahan Maret lalu.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak