alexametrics

Pasokan Menipis, Harga Bawang Putih Capai Rp42.000/Kg

loading...
Pasokan Menipis, Harga Bawang Putih Capai Rp42.000/Kg
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Harga bawang putih sedang meninggi belakangan ini, yakni mencapai Rp42.000 per kilogram. Terkait kenaikan harga, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti, mengatakan pasokan bawang putih yang menipis menjadi musabab komoditas ini melambung harganya.

Keterangan dia, ketersediaan pasokan bawang putih dari dalam negeri hanya 5% saja. Sedangkan pasokan bawang putih impor mencapai 95%.

"Bawang putih itu masih tergantung impor. Jadi ketika pasokan berkurang harganya tinggi. Tahun 2018, sudah dikeluarkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk persetujuan impornya. Tapi sekarang kita tunggu habis dulu," ujar Tjahjaya di Jakarta, Kamis (18/4/2019).



Terkait tingginya harga, sambung dia, Kemendag bersama pihak terkait akan terus memantau hal tersebut. Dimana untuk pasokan bawang putih di pasar akan melibatkan peran importir untuk operasi pasar (OP).

"Masing-masing importir memang sudah tipis sekali persediaan bawang putih, tapi kita monitor terus berapa, hari ini sudah 8 ton untuk OP. Besok juga masih ada. Dan sepanjang masih akan mengeluarkan, mendukung, bisa saja ada sekitar 100 ribuan ton total OP sampai harga stabil," jelasnya.

Dia pun berharap harga bawang putih kembali di standar yang normal. Yaitu harga normal bawang putih sekitar Rp25.000 sampai Rp35.000 per kilogram.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak