alexametrics

Ini Daerah yang Harga Bawang Putihnya Lebih Tinggi

loading...
Ini Daerah yang Harga Bawang Putihnya Lebih Tinggi
Ilustrasi bawang putih. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan mencatat beberapa wilayah di Indonesia mengalami kenaikan harga bawang putih. Seperti di wilayah Sumatra, yang menjual harga bawang putih hingga mencapai Rp60.000 per kilogram.

"Sebenarnya kalau di Jakarta, enggak terlalu mahal. Tetapi di beberapa daerah, seperti di Lampung, Riau, Palembang, Jambi, Samarinda, dan Manado, mengalami kenaikan," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahja Widayanti di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Untuk itu, kata dia, pemerintah akan melakukan upaya stabilisasi harga bawang putih di pasar. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar (OP) yang melibatkan importir untuk menyediakan pasokannya.



Salah seorang importir bawang putih, Farid mengatakan, pasokan bawang putih miliknya ada 100 ton. Apabila dikeluarkan semua maka pasokannya habis. Oleh karena itu, ia mengatakan akan mengeluarkan pasokan bawang putihnya secara bertahap.

"Jadi, kemarin kami (importir) di panggil oleh Kementerian Perdagangan soal pendataan bawang putih. Kami diminta membantu untuk operasi pasar mengenai bawang putih," jelasnya.

Dia berharap, pemerintah segera mungkin melakukan impor bawang putih untuk mengisi kebutuhan masyarakat.

"Kalau kami sendiri sih ya intinya berharap ada impor. Tapi semua ini melalui mekanisme dari Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) kemudian surat persetujuan impor (SPI) kan ada mekanismenya," terangnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak