alexametrics

Sepanjang Bulan April, Rupiah Capai Rp14.061/USD

loading...
Sepanjang Bulan April, Rupiah Capai Rp14.061/USD
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat semakin membaik. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan mencatat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) sepanjang bulan April 2019 mencapai Rp14.061. Adapun secara year to date, pergerakan rupiah berada di level Rp14.140 per USD.

Terkait ini, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, mengatakan nilai tukar rupiah masih bergerak stabil.

"Nilai tukar rupiah hingga 18 April tercatat Rp14.061 per USD, rata-rata year to date tercatat Rp14.140 per USD, ini menunjukkan rupiah semakin membaik," terang Luky di Jakarta, Senin (22/4/2019).



Dia mengungkapkan rupiah yang stabil dikarenakan faktor eksternal, dimana bank sentral AS, The Fed tidak menaikkan suku bunga acuan. Sehingga rupiah terapresiasi hingga 27,6%.

"Bank Indonesia sudah memperkirakan Fed fund rate (suku bunga The Fed) tidak mengalami kenaikan. Dan rupiah mengalami apresiasi 2,76%," jelasnya.

Sementara faktor internal yang mendukung rupiah, kata dia, perkembangan ekonomi makro. Realisasi APBN sampai akhir Maret 2019 menunjukkan kondisi aman dengan kinerja yang membaik.

"APBN kita dikelola dengan sehat dan aman, jadi ini memperkuat ekonomi dan berdampak positif terhadap rupiah," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak