alexametrics

Bergerak di Kisaran Rp14.030-Rp14.100/USD, Rupiah Diprediksi Melemah

loading...
Bergerak di Kisaran Rp14.030-Rp14.100/USD, Rupiah Diprediksi Melemah
Rupiah diprediksi kembali melemah pada perdagangan hari ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah pada perdagangan pada hari ini diperkirakan melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menerangkan, pergerakan mata uang Garuda bakal berada di kisaran level Rp14.030 hingga Rp14.100/USD.

"Tren kenaikan harga minyak mentah berpotensi menekan rupiah karena Indonesia masih bergantung pada impor minyak. Indonesia tercatat sebagai net importir dan impor minyak berpotensi menaikkan current account deficit," ujar Ariston di Jakarta, Selasa (23/4/2019). Namun demikian, imbuh dia, turunnya penjualan rumah bekas bulan Maret di AS bisa menahan pelemahan rupiah terhadap dollar AS.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar pada akhir perdagangan Senin (22/4) ditutup tak berdaya setelah melengkapi tren negatif sepanjang awal pekan. Kejatuhan rupiah hari ini mengiringi kenaikan tipis dolar terhadap mata uang rival lainnya seperti euro dan yen Jepang.



Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah masih terjerembab hingga Rp14.073/USD atau memburuk dari sebelumnya Rp14.040/USD. Pergerakan harian rupiah pada awal pekan ini berada di kisaran Rp14.012 hingga Rp14.095/USD.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak