alexametrics

Panduan Mengenal Data Phishing dan Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya

loading...
Panduan Mengenal Data Phishing dan Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya
Traveloka menghadirkan PayLater yang menjadi alternatif pinjaman online terpercaya untuk mewujudkan berbagai rencana Anda dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit
A+ A-
Kemajuan teknologi informasi tak hanya mendatangkan manfaat, tapi juga mengandung bahaya bila disalahgunakan. Salah satu jalur penipuan yang sering terjadi adalah phishing. Metode ini sederhana, tapi berbahaya. Kriminalitas siber lain, seperti peretasan, dapat dicegah dengan implementasi keamanan yang baik. Sementara phishing sulit ditangkal karena memanfaatkan kelalaian si korban sendiri. Seperti apa phishing itu, dan bagaimana cara menghindarinya?

Cara mengenali pesan phishing

Istilah phishing merupakan pelesetan dari kata “fishing” yang artinya memancing. Sesuai namanya, seorang korban phishing akan “dipancing” untuk memberikan data-data penting pada pelaku kejahatan. Bila sudah terjaring, pelaku dapat mencuri akses ke akun korban, menimbulkan kekacauan, bahkan kerugian materi.

Anda dapat mengenali pesan phishing dengan mudah, asalkan sudah mengetahui ciri-cirinya, antara lain: Berasal dari sumber yang terlihat resmi. Pelaku phishing akan mendesain pesannya sehingga tampak seolah-olah berasal dari perusahaan sungguhan.

Lalu, yang kedua, membangkitkan emosi. Emosi ini bermacam-macam wujudnya. Bisa rasa panik, khawatir, gembira, bahkan kasihan. Mengandung tautan atau lampiran. Setiap kali Anda menerima pesan berisi tautan, jangan serta-merta meng-klik-nya sebelum yakin benar bahwa sumbernya terpercaya. Kemudian, tautan itu akan meminta Anda mengisi data tertentu, misalnya username dan password, nomor kartu kredit, dan sebagainya.

Perlu Anda ketahui bahwa perusahaan yang berbisnis di internet tidak akan pernah meminta Anda memberikan password akun, apa pun alasannya.

Ini karena mereka memang tidak perlu mengetahui password pengguna untuk melakukan perubahan dan perbaikan sistem. Jadi bila ada “perusahaan” yang menanyakan password, sudah pasti itu penipuan.

Mengapa phising ini berbahaya? Karena internet kini juga telah menyediakan layanan pinjaman online yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan Anda, seperti travelling. Salah satu contoh, pinjaman yang bisa Anda percaya dan jauh dari phising adalah Paylater. Melalui fitur terbarunya, Traveloka menghadirkan PayLater yang menjadi alternatif pinjaman online terpercaya untuk mewujudkan berbagai rencana Anda dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit.

Dengan proses pendaftaran yang mudah, Anda bisa membayar tagihan sebulan kemudian tanpa biaya tambahan. Tak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan PayLater dan berikut review Traveloka PayLater untuk melengkapi kebutuhan Anda:

1. Pembayaran yang fleksibel

Ketika berhasil mendapatkan dana pinjaman online PayLater, proses pembayarannya bisa Anda lakukan secara fleksibel. Anda bisa melakukan pembayaran cicilan dalam jangka waktu 1 – 12 bulan. Menariknya, jikamelakukancicilandalamjangkawaktu 1 – 3 bulan Anda akan terbebas dari biaya bunga perbulannya.

2. Kebutuhan bisa cepat terpenuhi

Dengan adanya pinjaman dana di awal, tentunya kebutuhan Anda, seperti travelling, bisa terwujud dengan lebih cepat. Jadi, takperlu lagi menabung dengan jangka yang cukup lama untuk mewujudkan perjalanan impian.
PayLater bisa mewujudkan liburan impian dengan cepat selama Anda memenuhi syarat dan ketentuan penggunaan yang berlaku.

3. Sudah terdaftar dan diawasi OJK

Meskipun bersifat pinjaman kredit, PayLater tidak akan memberikan Anda beban tumpukan bunga dan penagihan layaknya rentenir. Karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pembayaran PayLater sudah tentu aman dan tidak merugikan konsumen.
Dengan berbagai pilihan pembayaran, fitur ini menawarkan beragam pilihan rencana angsuran tanpa adanya biaya tersembunyi.

4. Bisa mengajukan pinjaman kembali dengan angka yang lebih tinggi

Di PayLater, jika telah melunasi pinjaman sebelumnya Anda bisa melakukan peminjaman ulang. Syaratnya, Anda hanya perlu menjadi pengguna yang mematuhi aturan dengan membayar cicilan tepat waktu, karena rekam jejak pembayaran sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Menariknya, hanya dengan mengunggah data tambahan seperti slip gaji atau rekening koran selama 3 bulan terakhir, Anda pun bisa mengajukan jumlah pinjaman lebih tinggi dari sebelumnya.

5. Pinjam kapan saja dengan cepat

Tak terbatas tempat dan waktu, Anda bisa melakukan proses peminjaman kapan pun dan di mana pun berada selama persayaratan dan data-data pribadi telah siap diunggah saat pengajuan. Tak perlu menunggu lama, dana pinjaman Anda akan cair dalam waktu 1 jam. Sangat cepat, bukan?

Namun, perlu Anda ingat, saat pendaftaran, terdapat beberapa proses pengisian data yang akan dilakukan, dari mulai identitas pribadi, pekerjaan, serta nomor telepon saudara yang tidak serumah. Nantinya, pihak PayLater akan menelepon nomor tercantum untuk mengonfirmasi data pribadi dan pinjaman yang Andaajukan dan ini bukan phising, namun proses verifikasi oleh pihak PayLater.

Jika sudah lengkap, dana pinjaman pun akan segera dicairkan. Mudah, bukan?
(akn)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak