alexametrics

Jokowi Minta Belanja Barang Dikurangi Sebesar Mungkin

loading...
Jokowi Minta Belanja Barang Dikurangi Sebesar Mungkin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan agar belanja modal diperkuat serta ditingkatkan, sedangkan belanja barang dikurangi sebesar mungkin. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan agar belanja modal diperkuat serta ditingkatkan, sedangkan belanja barang dikurangi sebesar mungkin. Sebelumnya Presiden juga meminta penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 lebih efisien.

"Semua kementerian harus bisa memaksa organisasinya agar penyerapan anggaran itu betul-betul bisa direalisasikan,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir setkab, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Selain itu, Presiden Jokowi meminta agar belanja barang dikurangi sebanyak-banyaknya. Ia meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani agar menjaga hal ini hingga posisinya normal.



“Saya kira mungkin 2015, pakai patokan, bukan 2017. Enggak yang pas normal, yang pas normalnya di 2017, tolong betul-betul dipakai sebagai patokan dan dipaksa untuk masuk ke angka-angka itu,” paparnya.

Mengenai pemangkasan belanja barang, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sebetulnya yang Presiden inginkan adalah baseline kita menggunakan tahun 2015, yang waktu itu sebenarnya sudah naik cukup Rp233 triliun untuk belanja barangnya. Sementara. sekarang ini belanja barang bisa mencapai Rp290 triliun.

“Jadi nanti kita akan lihat space ini pasti dialihkan oleh Bapak Presiden dan Wapres untuk lebih banyak menunjang anggaran belanja modal. Kapasitas dari Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Menteri Energi di dalam rangka untuk membelanjakan hal itu,” terang Menkeu.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak