BI Optimis Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Pengaruhi Inflasi Tahunan

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB
BI Optimis Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Pengaruhi Inflasi Tahunan
BI Optimis Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Pengaruhi Inflasi Tahunan
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimis kenaikan harga tiket pesawat tidak akan memperanguhi inflasi tahunan. Bank sentral meyakini inflasi tahunan akan mencapai 2,5%.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan kenaikan harga tiket pesawat akan turun seiring kebijakan pemerintah dalam menurunkan harga tiket.

"Ya memang kita lihat harga tiket pesawat naik, tapi kita sudah memperhitungkan kenaikan ini tidak akan mempengaruhi inflasi tahunan," ujar Perry di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Terkait mahalnya harga tiket pesawat, Perry menyarankan masyarakat untuk jeli dalam membeli tiket pesawat, yaitu tidak membeli saat peak season atau mendekati Lebaran. Pasalnya saat momen tersebut, harga tiket pesawat cenderung lebih tinggi.

"Ya kalau bisa membeli tiketnya jangan saat peak seaosn ataupun mendekati Lebaran, biar enggak terlalu tinggi naiknya," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengakui regulasi yang diterbitkan belum sepenuhnya dilaksanakan oleh maskapai penerbangan. Mahalnya tiket pesawat masih dirasakan oleh masyarakat.

Terkait keluhan masyarakat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bakal menerapkan dua instrumen untuk menurunkan harga tiket pesawat. Yaitu penetapan sub price dan menurunkan harga tarif batas bawah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4121 seconds (0.1#10.140)