alexametrics

BI Optimis Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Pengaruhi Inflasi Tahunan

loading...
BI Optimis Kenaikan Harga Tiket Pesawat Tidak Pengaruhi Inflasi Tahunan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimis kenaikan harga tiket pesawat tidak akan memperanguhi inflasi tahunan. Bank sentral meyakini inflasi tahunan akan mencapai 2,5%.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan kenaikan harga tiket pesawat akan turun seiring kebijakan pemerintah dalam menurunkan harga tiket.

"Ya memang kita lihat harga tiket pesawat naik, tapi kita sudah memperhitungkan kenaikan ini tidak akan mempengaruhi inflasi tahunan," ujar Perry di Jakarta, Selasa (23/4/2019).



Terkait mahalnya harga tiket pesawat, Perry menyarankan masyarakat untuk jeli dalam membeli tiket pesawat, yaitu tidak membeli saat peak season atau mendekati Lebaran. Pasalnya saat momen tersebut, harga tiket pesawat cenderung lebih tinggi.

"Ya kalau bisa membeli tiketnya jangan saat peak seaosn ataupun mendekati Lebaran, biar enggak terlalu tinggi naiknya," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengakui regulasi yang diterbitkan belum sepenuhnya dilaksanakan oleh maskapai penerbangan. Mahalnya tiket pesawat masih dirasakan oleh masyarakat.

Terkait keluhan masyarakat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bakal menerapkan dua instrumen untuk menurunkan harga tiket pesawat. Yaitu penetapan sub price dan menurunkan harga tarif batas bawah.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak