alexametrics

Buka Inacraft 2019, Jokowi Ingin Ekspor Kerajinan Naik Kelas

loading...
Buka Inacraft 2019, Jokowi Ingin Ekspor Kerajinan Naik Kelas
Jokowi mengatakan agar kerajinan tangan Indonesia ditingkatkan sehingga industri kreatif ekonomi Indonesia bisa naik kelas saat membuka Inacraft 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pameran The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Dalam sambutannya Jokowi mengatakan agar kerajinan tangan Indonesia ditingkatkan sehingga industri kreatif ekonomi Indonesia bisa naik kelas.

"Setiap saya datang ke Inacraft, saya melihat bahwa kinerja pameran ini naik kelas dari tahun ke tahun, kualitas produk yang dipamerkan dari tahun ke tahun juga meningkat dan semakin baik. Memang itu yang kita inginkan agar produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksi, naik kualitas, naik daya saing, dan naik pamornya, utamanya untuk kualitas ekspor," ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Sambing Dia menerangkan, jumlah Industri Kecil dan Menengah atau IKM di sektor kerajinan telah mencapai 700 ribu unit dan mampu menyerap 1,3 juta tenaga kerja. Untuk itu potensi ekpsor kerajinan tangan lebih tinggi masih sangat besar.



"Ekspornya masih 1,26 persen dari pangsa pasar dunia, masih sangat kecil. Ini, masih bisa ditingkatkan lagi, agar bisa lebih berkembang, jado ayo mari kita lakukan ekspor dengan lebih tinggi," jelasnya.

Sebagai informasi, pameran tahunan yang memamerkan aneka produk kerajinan Indonesia, seperti batik, wooden products, fashion and embroidery, footwear, bags and travel goods, serta jewelry and accessories diikuti sekitar 1.700 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air, dengan menempati 1.400 stan yang disediakan.

Inacraft 2019 yang mengangkat kesenian, kebudayaan, dan kerajinan unggulan Betawi, mengusung tema “Jakarta Enjoyable Multicultural Diversities” mendampingi tema sentral “From Smart Village to Global Market Inacraft 2019 didukung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai sponsor utama dengan penggunaan fasilitas fitur Tapcash sebagai akses masuk pameran.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak