alexametrics

Rupiah Dibuka Tak Berdaya Lawan Dolar, Euro Tertekan

loading...
Rupiah Dibuka Tak Berdaya Lawan Dolar, Euro Tertekan
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Kamis (25/4/2019) dibuka tak berdaya untuk melanjutkan kejatuhan dalam beberapa hari terakhir. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada awal perdagangan, Kamis (25/4/2019) dibuka tak berdaya untuk melanjutkan kejatuhan dalam beberapa hari terakhir. Tren kejatuhan kurs rupiah mengiringi euro yang tertekan sangat dalam untuk mendekati level terendah dalam 22 bulan.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi ini dibuka terperosok ke posisi Rp14.154/USD. Level tersebut memperlihatkan rupiah anjlok kembali usai kinerja negatif kemarin Rp14.112/USD.

Data Yahoo Finance juga menunjukkan kemerosotan rupiah pada sesi pagi perdagangan menjadi Rp14.125/USD dengan pergerakan harian Rp14.108 hingga Rp14.150/USD. Peringkat tersebut menjadi sinyal keterpurukan rupiah dibandingkan sebelumnya Rp14.098/USD.



Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange jatuh ke level Rp14.111/USD dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp14.105/USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp14.111-Rp14.150/USD.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, Euro masih sulit keluar dari tekanan saat berhadapan dengan dolar pada hari Kamis setelah merosot ke level terendah 22-bulan untuk menjadi penurunan yang penuh kejutan. Hal tersebut memperkuat kekhawatiran perlambatan pertumbuhan di ekonomi terbesar Eropa.

Euro duduk pada level 1,1153 terhadap USD, setelah mengalami kerugian terbesar dalam satu hari versus dolar sejak awal Maret ketika Bank Sentral Eropa mendorong kembali rencana untuk kenaikan suku bunga pertama pasca-krisis. Mata uang tunggal juga merosot hampir 0,4% terhadap yen semalam dan terakhir diperdagangkan pada posisi 125,125 yen.

Mata uang Jepang merosot ke level rendah 2019 di 112,40 yen per dolar pada sesi sebelumnya, dengan para pedagang mengamati keputusan kebijakan Bank of Japan pada hari Kamis untuk isyarat perdagangan. Dolar Australia sebagian besar tidak berubah pada posisi 0,7017 terhadap dolar AS.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak