alexametrics

Sri Mulyani Contek Islandia Soal Pemanfaatan Geothermal

loading...
Sri Mulyani Contek Islandia Soal Pemanfaatan Geothermal
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menginginkan, agar Indonesia bisa mencontoh Islandia dalam pemanfaatan geothermal atau energi panas bumi. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menginginkan, agar Indonesia bisa mencontoh Islandia dalam pemanfaatan geothermal atau energi panas bumi untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Dia menceritakan bagaimana Islandia yang merupakan negara dekat kutub utara itu bisa memanfaatkan energi panas buni untuk mencukupi kebutuhan lsitrik dan energi di masyarakat.

"Mereka sangat tergantung dengan energi untuk fuel yang aman, neraca pembayaran mereka jeblok dan tidak memiliki ekspor untuk energinya. Jadi dia berpikir keras dimana agar tidak banyak mengimpor minyak atau energi, akhirnya menemukan tepat dibawah gunung ada potensi energi panas bumi, jadi dia manfaatkan," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Sambung dia menerangkan, bakal terus bekerja sama dengan stakeholder dan beberapa kemenerian agar enegri panas bumi bisa dimanafaatkan oleh Indonesia. Sehingga akhirnya bisa menekan laju impor di sektor energi. "Kemenkeu siap bekerja sama dengan ESDM dan BUMN serta Kemenko hingga Menko Maritim. Seluruh bumn terutama PLN untuk memanfaatkan energi panas bumi," katanya.



Sri Mulyani juga menegaskan dengan memanfaatkan energi panas bumi ini membuat Indonesia tidak akan kekurangan pasokan listrik. Apalagi, energi panas bumi ini merupakan energi ramah lingkungan.

"Sementara untuk Indonesia kalau kita bisa kembangkan geothermal, efeknya dimana listrik terpenuhi dan memiliki kemampuan security energi sangat besar. Saya diminta untuk bicara enegri terbarukan yang punya manfaat lebih," tegas dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak