Menko Darmin Minta Bulog Berperan Jaga Stok dan Stabilkan Harga

Kamis, 25 April 2019 - 19:08 WIB
Menko Darmin Minta Bulog Berperan Jaga Stok dan Stabilkan Harga
Menko Darmin Minta Bulog Berperan Jaga Stok dan Stabilkan Harga
A A A
JAKARTA - Menjelang Ramadan dan Lebaran, Pemerintah duduk bersama membahas beberapa hal. Pertama, tentang perkembangan inflasi dan pengendalian harga pangan. Kedua, tentang evaluasi kesiapan infrastruktur transportasi dan angkutan penumpang. Ketiga, tentang evaluasi kesiapan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Di rapat kali ini, kita tidak hanya fokus membahas pangan, tapi juga soal perhubungan dan BBM menjelang bulan puasa dan Idul Fitri,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta (25/4/2019).

Sambung dia mengutarakan, tren inflasi Ramadan dan Idul Fitri dalam dua tahun terakhir menurun. Inflasi volatile food lebih terkendali, termasuk harga beras yang tidak lagi mengalami inflasi. Dia pun meminta Bulog menjaga ketersedian stok dan stabilisasi beberapa harga pangan seperti beras, minyak goreng, daging, gula dan bawang merah, bawang putih, serta cabai merah.

"Bulog juga diharapkan mengambil peran dalam menstabilkan harga, namun dengan tetap memperhatikan kepentingan dia sisi baik produsen maupun konsumen," katanya.

Selain itu dia menerangkan, Bulog juga perlu memperhatikan pembangunan gudang-gudang di daerah yang surplus (misalnya beras), demikian pula untuk daerah-daerah yang defisit sehingga harga bisa dikendalikan di tingkat konsumen tanpa mengorbankan harga di tingkat produsen.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8076 seconds (0.1#10.140)