Menjelang Puasa, Harga Tiket Pesawat Belum Kondusif

Jum'at, 26 April 2019 - 04:26 WIB
Menjelang Puasa, Harga Tiket Pesawat Belum Kondusif
Menjelang Puasa, Harga Tiket Pesawat Belum Kondusif
A A A
JAKARTA - Beberapa hari menjelang puasa, harga tiket pesawat masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan. Padahal pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah menetapkan batas bawah tarif tiket pesawat rata-rata 35% dari tarif batas atas.

Namun, beleid dari Kemenhub belum ampuh dalam menurunkan harga tiket pesawat. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengakui bahwa hingga saat ini, harga tiket pesawat masih belum kondusif. Dirinya juga mendapati keluhan dari masyarakat soal masih mahalnya harga tiket pesawat.

"Saya mendapati laporan bahwa tarif tiket pesawat belum kondusif," terangnya di Budi Karya di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Untuk itu, kata Budi Karya, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan stekholder lainnya untuk menyelesaikan masalah tiket ini. Utamanya dari pihak maskapai seperti Garuda Indonesia.

Dirinya menyatakan meminta bantuan kepada Kementerian BUMN sebagai induk dari Garuda Indonesia untuk memberikan arahan. Sebab, Garuda saat ini masih menjadi market leader untuk berbagai maskapai penerbangan lain.

"Kami minta kepada Kementerian Perekonomian dan Kementerian BUMN untuk turut serta mengatur tarif dari penerbangan, khususnya Garuda. Karena Garuda ini market leader di situ, kalau dia menetapkan tarif batas atas semunya, maka yang lain ikut. Tapi kalau dia turun sebagaian, yang lain juga akan turun," katanya.

Saat ditanyai mengenai wacana penerapan sub-price, mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menyebut masih dalam proses pengkajian. Pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Koordinator, baik itu KemenkoBidang Perekonomian maupun Kemaritiman.

"Sub-price itu kan represif ya, saya itu enggak mau yang represif, tapi kalau nanti diperintahkan Kemenko Perekonomian untuk saya melakukan, ya saya lakukan," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5138 seconds (0.1#10.140)