BI Siap Sediakan Pasokan Uang Kertas dan Logam untuk Lebaran

Jum'at, 26 April 2019 - 06:07 WIB
BI Siap Sediakan Pasokan Uang Kertas dan Logam untuk Lebaran
BI Siap Sediakan Pasokan Uang Kertas dan Logam untuk Lebaran
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan siap mencukupi pasokan uang kertas dan logam dalam pecahan dan jumlah memadai, demi menghadapi bulan puasa dan Lebaran 2019. "Kami akan menjamin ketersediaan uang yang akan meningkat saat puasa dan Lebaran," kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Menurut Perry, dengan ini maka kelancaran sistem pembayaran dapat terpelihara, baik dari sisi tunai maupun non tunai. Pembayaran tunai tumbuh positif, dengan Uang yang Diedarkan (UYD) tumbuh 5,6% (yoy) pada Maret 2019. Sedangkan pembayaran non tunai secara konsisten terus meningkat.

"Penggunaan ATM-Debit, Kartu Kredit dan Uang Elektronik (UE) tumbuh 17,1% (yoy) pada Februari 2019, diantaranya UE yang mengalami pertumbuhan mencapai 77,6% (yoy)," jelas dia.

Sementara itu, penggunaan ATM-Debit mendominasi transaksi sistem pembayaran ritel dengan pangsa 94,8% dan pertumbuhan 16,6% (yoy). Adapun, penggunaan UE di e-commerce terus meningkat di Februari 2019, didorong oleh pergeseran preferensi pembayaran dan preferensi atas barang yang dibeli via e-commerce.

Bank Indonesia juga mendorong perluasan program elektronifikasi penyaluran bansos, dana desa, moda transportasi, dan operasi keuangan pemerintah. Sehingga dapat memperkuat peran sistem pembayaran dalam mendukung kegiatan ekonomi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)