alexametrics

Peresmian Bandara New Yogyakarta International Airport Ditunda

loading...
Peresmian Bandara New Yogyakarta International Airport Ditunda
Peresmian Bandara New Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta yang rencananya dilakukan pada Senin (29/4/2019) ditunda. Foto/Ilustrasi SINDO
A+ A-
JAKARTA - Peresmian Bandara New Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta yang rencananya dilakukan pada Senin (29/4/2019) ditunda. Sebelumnya, Bandara YIA sendiri ditargetkan beroperasi pada awal April.

"Menindaklanjuti informasi dr Protokol Presiden dan Kemenhub, maka acara Peresmian Pengoperasian Yogyakarta International Airport yang semula direncanakan pada Senin 29/4/2019 ditunda hingga informasi selanjutnya," ujar VP Corporate Secertary PT Angkasa Pura I, Handy H di Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan sejumlah operator angkutan darat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap mendukung mobilitas calon penumpang dari dan menuju bandara baru yang terletak di Kabupaten Kulon Progo tersebut.



Operator transportasi darat yang telah menyatakan siap beroperasi antara lain Perum Damri, PT Keren Transindo Sejahtera (SatelQu), operator taksi Primkopau II, dan Organda DIY (2 perusahaan). Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga menyiapkan rute kereta api menuju Stasiun Wojo di Purworejo untuk menunjang mobilitas menuju YIA.

Perum Damri menyiapkan 12 unit armadanya dan akan melayani empat trayek pada tahap awal, yaitu YIA - Yogyakarta (Kantor Damri Cabang Yogyakarta), YIA - Stasiun Wojo, YIA - Magelang (Candi Borobudur) dan YIA - Kebumen via Purworejo (Hotel Patra) pulang dan pergi.

Sedangkan SatelQu menyediakan 9 unit bus yang akan melayani tiga rute, yaitu Banjarnegara - Wonosobo - Purworejo - YIA - Bandara Adisutjipto, Cilacap - YIA - Bandara Adisutjipto, dan Purwokerto - YIA - Bandara Adisutjipto pulang dan pergi.

Sementara bagi calon penumpang pesawat udara yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api, KAI menyiapkan enam rute perjalanan. KAI juga menyiapkan satu rangkaian kereta yang akan melayani perjalanan dari Stasiun Maguwo yang berada di Bandara Adisutjioto, Stasiun Tugu, kemudian menuju Stasiun Wojo sebanyak 4 kali perjalanan pulang pergi.Ditambah dua lainnya akan dilayani dengan KA Solo Ekspres relasi Solobalapan - Kutoarjo. Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju YIA menggunakan shutlle bus (Damri) yang tersedia, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak