alexametrics

Pertamina Jamin Stok LPG dan BBM Hingga Lebaran Aman Terkendali

loading...
Pertamina Jamin Stok LPG dan BBM Hingga Lebaran Aman Terkendali
Pertamina menjamin bahwa pasokan BBM dan LPG aman terkendali selama Ramadhan hingga Lebaran. Foto/SINDOnews/Michelle Natalia
A+ A-
JAKARTA - Menjelang Ramadhan hingga hari raya Lebaran, permintaan akan energi seperti LPG dan BBM pasti meningkat. Terkait ini, PT Pertamina (Persero) menjamin bahwa pasokan BBM dan LPG aman terkendali selama periode Ramadhan hingga Lebaran.

Vice President Corporate Cooperation Pertamina, Fajriyah Usman, menerangkan Pertamina telah menyiagakan 6.594 SPBU di seluruh Indonesia untuk menjamin ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM).

Begitu pula dengan kesiapan pasokan LPG. Pertamina akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus Ramadhan dan Lebaran untuk memastikan LPG tersedia H-30 Ramadhan dan BBM sejak H-15 lebaran untuk memenuhi perannya sesuai Undang-undang Energi Nomor 30 Tahun 2007.



"Rutinitas Satgas dari tahun ke tahun tidaklah asing, tapi perlu diperhatikan bahwa selalu ada hal baru dalam Lebaran setiap tahunnya. Salah satu hal terbaru adalah tersambungnya tol dari ujung barat ke timur, yaitu dari Merak ke Probolinggo sepanjang 920 km dengan kondisi mulus," ujar Jumali, SVP Retail Marketing Business Pertamina di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Sambung dia, ini menjadi tantangan Pertamina untuk menyediakan BBM sepanjang jalur tol tanpa mengabaikan kebutuhan BBM jalur reguler. Tol Lampung pun sudah mulai beroperasi.

Selain itu, berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, terjadi kenaikan jumlah pemudik sebesar 13% dibanding tahun lalu. Untuk itu, Pertamina melakukan coverage dengan meningkatkan pasokan BBM 15% lebih besar dari tahun sebelumnya.

VP Supply and Distribution Pertamina, Fariz Aziz, mengungkapkan pasokan Pertamina sejauh ini cukup bagus. Kendati demikian, pihaknya akan selalu memantau kecukupannya.

Fariz menjelaskan Pertamina memiliki 111 terminal BBM untuk mendukung kegiatan Satgas. Ada 3.800 unit mobil tangki dengan daya angkut bervariasi. Disiapkan mobil PTO (power take off) mobil tangki dengan dispenser sekitar 77 unit yang akan ditempatkan sesuai kebutuhan lapangan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak