Gelar RUPS, XL Axiata Umumkan Perubahan Direksi

Senin, 29 April 2019 - 20:30 WIB
Gelar RUPS, XL Axiata Umumkan Perubahan Direksi
Gelar RUPS, XL Axiata Umumkan Perubahan Direksi
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Senin (29/4/2019) di Jakarta. Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, menerangkan Rapat ini menyetujui dan menerima Laporan Tahunan Direksi dan Laporan Keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2018.

"Rapat juga menyetujui penyesuaian Anggaran Dasar sebagai bentuk pemenuhan ketentuan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS)," ujar Dian dalam keterangan resmi kepada SINDOnews.

Terkait Laporan Keuangan, XL Axiata mencatat pertumbuhan pendapatan 0,4% lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu. Pertumbuhan ini didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY). Peningkatan ini memperbesar kontribusi pendapatan layanan data pada total pendapatan perusahaan menjadi 80% di 2018, meningkat dari 69% di tahun sebelumnya.

Dian menerangkan bahwa peningkatan pendapatan dari data yang sangat pesat tersebut lebih tinggi dari perolehan industri. Sehingga mampu menutup dampak negatif dari penurunan pendapatan layanan tradisional voice dan SMS.

"Pencapaian ini juga merupakan prestasi tersendiri karena operator lain merasakan dampak yang lebih berat dari penurunan kinerja kedua layanan warisan masa lalu tersebut," sambungnya.

Hingga tutup tahun 2018, EBITDA mengalami peningkatan 2% secara tahunan, dengan margin naik 1 ppt menjadi 37,0%. Capaian ini terutama terdorong oleh peningkatan pendapatan dan lebih berfokusnya perusahaan pada efisiensi biaya.

Dalam Rapat ini, Dian menambahkan laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum berkelanjutan obligasi dan sukuk ijarah PT XL Axiata Tbk untuk belanja modal atau capital expenditure dalam upaya pengembangan jaringan data secara masif di seluruh Indonesia.

Pada realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan I XL Axiata tahap I tahun 2018, sampai dengan 31 Desember 2018, dari hasil bersih sebesar Rp994,19 miliar telah dipergunakan dana sebesar Rp947,47 miliar untuk belanja modal berupa radio base station, optical project (atau fiber optic), dan belanja modal lainnya.

Sisa dana sebesar Rp46,72 miliar telah ditempatkan sebagai deposito di PT Bank Bukopin Tbk dengan tingkat suku bunga per tahun 9,25%. Sisa dana ini selanjutnya telah dipergunakan seluruhnya untuk belanja modal sampai dengan 31 Januari 2019 dan akan dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan pada periode pelaporan berikutnya Juni 2019.

Pada saat bersamaan, untuk realisasi penggunaan dana hasil bersih penawaran umum berkelanjutan sukuk ijarah berkelanjutan II XL Axiata tahap I tahun 2018 sebesar Rp994,46 miluar, sampai dengan 31 Desember 2018, Perusahaan telah mempergunakan dana seluruhnya untuk belanja modal berupa radio base station, optical project (atau fiber optic), dan belanja modal lainnya.

Selanjutnya, untuk realisasi penggunaan dana hasil bersih penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan I XL Axiata tahap II tahun 2019 dan penawaran umum berkelanjutan sukuk ijarah berkelanjutan II XL Axiata tahap II tahun 2019 dengan masing-masing sebesar Rp631 miliar dan Rp637 miliar, sampai 31 Maret 2019, perseroan telah mempergunakan dana seluruhnya untuk belanja modal berupa base station subsystem (BSS) dan transmisi fiber optic.

Rapat juga telah menyetujui berakhirnya masa jabatan seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris periode 2014-2019. Selanjutnya, Rapat mengangkat kembali anggota Direksi dan Dewan Komisaris untuk periode 2019-2024 terhitung sejak ditutupnya Rapat. Berikut susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan:

Dewan Direksi

Presiden Direktur: Dian Siswarini
Direktur: Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin
Direktur: Allan Bonke
Direktur: Abhijit Jayant Navalekar
Direktur: Yessie Dianty Yosetya

Dewan Komisaris
Presiden Komisaris: Muhamad Chatib Basri
Komisaris: Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim
Komisaris : Vivek Sood
Komisaris: Kenneth Shen
Komisaris: Peter John Chambers
Komisaris: David Robert Dean
Komisaris Independen: Yasmin Stamboel Wirjawan
Komisaris Independen: Muliadi Rahardja
Komisaris Independen: Julianto Sidarto
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1545 seconds (0.1#10.140)